Mau Pamer di Instagram, Wanita Ini Ngutang Rp 284 Juta untuk Liburan Mewah

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 29 Agu 2019 18:15 WIB
Ilustrasi wanita selfie. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita selfie. Foto: Thinkstock

Jakarta - Bukan rahasia lagi jika kehadiran Instagram membuat orang semakin konsumtif. Tak hanya jadi lebih sering beli baju atau kosmetik, media sosial juga mendorong orang untuk traveling. Walau bisa menyenangkan hati, jangan sampai seperti Fiona Melbul. Berniat pamer liburan mewah, wanita tersebut malah jadi berutang hingga ratusan juta.

Liburan ke Disneyland memang menjadi salah satu destinasi impian. Tak heran jika banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk ke sana. Fiona Melbul pun mengaku menghabiskan hingga $20,000 (Rp 284 jutaan) selama perjalanan yang sayangnya didapatkan dari berutang. Yang membuat hal ini semakin menyedihkan adalah Fiona melakukannya demi pamer kepada teman-teman.

"Kamu mengambil 10, 20 gambar untuk mendapatkan satu yang sempurna, unggah ke media sosial, lalu kamu menunggu temanmu untuk melihatnya. Lalu kamu mendapat komentar dari mereka yang iri. Itu membuatku merasa puas aku bisa melakukannya," ungkapnya kepada A Current Affair.

Hal ini pun diawali dari ketakutan Fiona akan FOMO (Fear of Missing Out) ketika saudaranya mengatakan akan pergi ke Disneyland Amerika Serikat. Wanita yang tinggal di Australia itu pun langsung ingin ikut meski ia sebenarnya tak punya cukup uang untuk pergi dalam perjalanan liburan selama enam minggu tersebut.

[Gambas:Instagram]

"Saudara laki-lakiku mengatakan dia akan pergi ke Disneyland dan aku mengatakan 'kamu tidak pergi tanpaku', lalu aku meminjam uang. Aku pikir perjalanan itu menghabiskan $8,000 (Rp 113 jutaan) dan itu semua adalah kredit," ungkapnya.

Seperti tujuan awalnya, Fiona pun berusaha untuk mengambil foto yang bagus untuk dipamerkan dan membuat teman-temannya iri. Karena itu, ia tak ragu-ragu untuk mengeluarkan banyak uang. Fiona mengaku bahwa salah satu foto di Disneyland menghabiskan total biaya $10,000 (Rp 142 jutaan). Sayangnya, setelah diunggah foto itu hanya disukai 18 kali dan menerima tiga komentar.

Berutang ratusan juta, Fiona dan pasangan pun dikatakan harus kembali untuk tinggal di rumah orangtuanya hingga keadaan finansial mereka membaik.




Simak Video "Kreasikan Poster Nyaleg untuk Hadiah Seru dari Detikcom"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)