Tips Liburan dari Pasangan yang Hampir Setiap Weekend Keluar Negeri

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 15 Apr 2019 19:40 WIB
Foto: Instagram @fourhappyfeet Foto: Instagram @fourhappyfeet

Jakarta -

Sering liburan ke luar negeri jadi salah satu impian millennial. Pasangan Sangam Bahandari dan Shikha Neupane pun berhasil mewujudkannya. Jangan salah sangka dulu, keduanya tidak datang dari keluarga sangat kaya atau punya penghasilan selangit. Meski begitu, dalam dua tahun terakhir suami istri ini sudah mengunjungi sekitar 40 negara dan bepergian hampir tiap akhir pekan. Apa rahasianya?

Pasangan asal Nepal ini menjalani kehidupan impian banyak orang dan meyakinkan bahwa orang lain juga bisa mengikuti mereka. Tapi tentu saja harus ada beberapa pengorbanan yang dilakukan, apalagi jika dana Anda terbatas. Shika pun mengungkap jika kunci dari hidup sering jalan-jalannya adalah berhemat di keseharian. Walau suka keluar negeri, ternyata pasangan ini tak punya handphone baru atau suka jajan.

"Bepergian memang tidak murah, ada beberapa trik dan tips untuk mengurangi biayanya. Bagian terbesarnya adalah perencanaan dan organisasi. Pertimbangan lain adalah hidup seperti orang lokal (saat di destinasi liburan) dan menghindari jebakan turis mahal. Gunakan kartu tanpa biaya luar negeri untuk pembelian dan penarikan benar-benar membantu," kata Sangam kepada Dailymail.

"Destinasi akhir pekan adalah yang paling murah. Kuncinya adalah booking dari jauh hari. Shika sudah memesan semua perjalanan kami hingga Juni 2019. Kami belum dapat akhir pekan bebas sama sekali," tambahnya.

Meski sering jalan-jalan tentu keduanya tidak bisa meninggalkan pekerjaan yang membiayai liburan mereka. Biasanya Sangam dan Shikha berangkat sejak Jumat setelah bekerja dan kembali pada Minggu sore atau Senin pagi sebelum pergi ke kantor. Meski begitu kadang-kadang pasangan menikah ini pergi sejak hari Kamis untuk biaya penerbangan yang lebih murah. Ketika itu, mereka pun akan melanjutkan pekerjaan sembari liburan.

"Kami beruntung punya pekerjaan yang bergaji bagus. Tapi kamu harus membuat prioritas. Kami tidak pergi ke restoran mahal atau sering kencan makan malam karena kami melakukan itu ketika liburan. Kami suka melihat hal baru dan itu adalah kencan kami. Kami harus mengurangi biaya seperti teknologi dan kebutuhan untuk punya iPhone terbaru," ungkap Sangam.

"Kami juga membayar beberapa hotel menggunakan poin kartu kredit. Merencanakan jauh hari bisa menghemat banyak uang. Itu bisa jadi lebih murah biaya dari perjalananmu ke tempat kerja," tambah pria 28 tahun tersebut.

Mereka pun berpesan kepada orang-orang yang ingin mengikuti untuk selalu mengikuti passion dan mimpi. Tapi mereka juga mengingat jika hal ini tidaklah mudah. "Ini bukan gaya hidup yang mudah. Kami menghabiskan berjam-jam merencanakan dan mengorganisasi banyak hal di media sosial untuk merespon komentar dan pesan tapi itu membuat kami sangat bahagia," ungkapnya. (ami/ami)