Suka bingung memilih skin tint atau cushion saja ya untuk harian? Mari pahami perbedaan skin tint dan cushion.
Di antara banyaknya produk complexion yang tersedia, skin tint dan cushion menjadi dua pilihan yang cukup populer karena sama-sama praktis digunakan dan mampu membuat tampilan wajah terlihat lebih flawless.
Meski sekilas memberikan fungsi yang serupa, skin tint dan cushion sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari tekstur, tingkat coverage, kandungan skincare, hingga hasil akhir di wajah.
Kamu perlu memahami perbedaan keduanya agar bisa menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Bagi kamu yang masih bingung memilih antara skin tint dan cushion, berikut perbedaan skin tint dan cushion yang perlu diketahui.
Tekstur dan Formula
Perbedaan skin tint dan cushion yang paling mudah dikenali adalah tekstur serta formulanya. Skin tint umumnya memiliki tekstur yang sangat ringan dan terasa lebih tipis ketika diaplikasikan ke kulit.
Produk ini dibuat untuk memberikan sedikit warna sekaligus menyamarkan ketidaksempurnaan ringan tanpa terasa seperti menggunakan foundation tebal. Kandungan skincare pada skin tint juga cenderung lebih banyak sehingga memberikan sensasi melembapkan dan nyaman untuk pemakaian sehari-hari..
Karena formulanya ringan, produk ini cocok bagi kamu yang menyukai tampilan complexion natural seperti kulit asli atau efek second skin.
Sementara itu, cushion pada dasarnya merupakan foundation cair yang ditempatkan di dalam bantalan atau sponge. Produk kemudian diaplikasikan menggunakan puff yang tersedia di dalam kemasan. Teksturnya bisa terasa lebih creamy dibandingkan skin tint, meski tetap mudah dibaurkan ke kulit.
Tingkat Coverage
Jika kamu mencari base makeup yang ringan dan tidak terlalu menutupi kulit, skin tint bisa menjadi pilihan. Coverage-nya cenderung rendah sehingga hasil akhirnya terlihat lebih natural.
Produk ini biasanya cukup untuk membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan ringan. Namun skin tint kurang mampu menutupi noda hitam, bekas jerawat, atau kemerahan yang cukup jelas. Jika ingin mendapatkan tampilan yang lebih rata, kamu bisa menggunakan concealer pada area tertentu setelah mengaplikasikan skin tint.
Berbeda dengan skin tint, cushion umumnya menawarkan coverage medium hingga full. Tingkat coverage tersebut membuat cushion lebih mampu menyamarkan noda, bekas jerawat, serta membantu meratakan warna kulit dalam satu kali pemakaian.
Karakteristik ini membuat cushion cocok untuk kamu yang menginginkan complexion lebih flawless tanpa harus menggunakan banyak produk. Coverage juga dapat dibangun secara bertahap sesuai kebutuhan dengan menambahkan produk pada area yang ingin dibuat lebih tertutup.
Simak Video "Video: Tips Pakai Mesh Cushion Biar Flawless"
(eny/eny)