ADVERTISEMENT

Viral Hilangkan Komedo Pakai Telur, Pakar Kecantikan Menentangnya

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 09 Jan 2023 11:51 WIB
Viral hilangkan komedo pakai telur Foto: dok. TikTok @creative_explained
Jakarta -

Content creator TikTok menyarankan memanfaatkan telur untuk menghilangkan komedo. Video skincare tersebut viral setelah content creator Armen Adamjan memperlihatkan cara dirinya menggunakan telur sebagai perawatan kulit alami.

Dalam videonya, pria di balik akun @creative_explained itu menunjukkan cara alami membuat nose strip atau plester komedo. Armen menggunakan tisu, kemudian memulaskan putih telur di atasnya.

Dia membiarkannya selama 10 sampai 15 menit dan perlahan-lahan tisunya dibuka. Dengan bangga dia memperlihatkan caranya tersebut berhasil menarik komedonya dari hidungnya.

Video tersebut jadi viral dan sudah ditonton 5 juta kali dengan ribuan komentar Banyak netizen yang tertarik untuk mencobanya di rumah.

Meski tampak menjanjikan, namun cara tersebut ternyata ditentang oleh pakar kecantikan dan dokter kulit. Pakar menjelaskan bahayanya dari DIY tersebut.

Ahli perawatan kulit dan pendiri Bedew Skin, Rachael Robertson, menentang tren perawatan kulit viral tersebut. Dia mengklaim bahwa cara tersebut tidak efektif.

"Putih telur memang mengandung enzim lisozim yang dapat memecah bakteri pada kulit, namun putih telur sebagian besar terbuat dari air, sehingga manfaatnya sangat terbatas dibandingkan dengan produk yang dirancang untuk tujuan tertentu. Karena kandungan proteinnya, ini bisa membuat kulit Anda terasa lebih kencang, tapi ini hanya sementara, "katanya kepada The Mirror.

"Teknik itu sendiri mungkin bekerja untuk kotoran dan minyak permukaan pada filamen sebaceous yang sering disalahartikan orang sebagai komedo, tetapi untuk komedo yang sebenarnya tidak akan terangkat, mereka membutuhkan ekstraksi yang tepat. Saya yakin video itu tidak nyata dan tidak menunjukkan hasil sebenarnya dari apa yang dia tarik dari hidungnya," tambah Rachael mempertanyakan video tersebut.

Pakar perawatan kulit merekomendasikan agar orang yang memiliki komedo, lebih rajin merawat kulit. Eksfoliasi berkala seminggu atau dua minggu sekali.

Seperti dikutip dari The Post, dokter kulit Nava Greenfield juga menyarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung asam salisilat dan retinoid untuk mengatur kelenjar keringat dan eksfoliasi lebih efektif.



Simak Video "'Breylee' Pencabut Komedo Yang Viral di Tiktok"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)