ADVERTISEMENT

Bye-bye Kusam, Ini 5 Cara Praktis Mencerahkan Wajah

Zefanya Aprilia - wolipop Rabu, 13 Apr 2022 16:24 WIB
Ilustrasi Serum Pencerah Wajah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Wajah kusam merupakan permasalahan kulit yang umum terjadi. Tidak jarang masalah ini membuat minder dan tak percaya diri.

Penyebab kulit kusam pun beragam, mulai dari faktor cuaca, perubahan hormon, produk wajah yang tidak tepat, gaya hidup, dan lain-lain. Namun, faktor usia menjadi penyebab kulit kusam yang tidak bisa dihindari.

Tak perlu khawatir, untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan glowing kamu bisa menggunakan serum pencerah wajah dan beragam perawatan lainnya. Cobalah beberapa cara praktis ini, dijamin wajah jadi cerah dan anti kusam-kusam club!

1. Vitamin C Untuk Kulit Cerah yang Alami

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah menggunakan antioksidan topikal, terutama vitamin C. Selain merupakan antioksidan yang kuat, Vitamin C juga membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang mengganggu kemampuan sel-sel kulit untuk regenerasi.

Pemakaian vitamin C pada kulit wajah juga dapat menguatkan Sun Protector Factor (SPF). Pakailah vitamin C pada kulit wajah di pagi hari.

2. Hidrasi Secara Teratur

Menghidrasi atau mencukupi kebutuhan air setiap harinya dapat bermanfaat bagi fungsi kulit. Penelitian di jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology merekomendasikan minum setengah ons (oz) hingga 1 ons cairan per 1 pound (0,4 kg) berat tubuh setiap harinya.

Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, kemungkinan dibutuhkan konsumsi cairan yang lebih banyak untuk kesehatan yang lebih optimal.

3. Facial

Tingkatkan rutinitas perawatan kulit untuk mencegah kulit kusam, seperti dengan melakukan facial di rumah, cukup sekali seminggu.

Gunakan masker selama 20 menit yang mengandung AHA untuk menghilangkan sel kulit mati. Campuran AHA mengandung asam salisilat (asam beta hidroksi, atau BHA), yang dapat mencabut pori-pori dan mengurangi kemerahan.

Khasiat tersebut sangat membantu meratakan warna kulit serta menghilangkan noda. Setelah itu, oleskan minyak rosehip atau marula ke kulit untuk melembabkan.

4. Gunakan Scrub

Eksfoliasi kulit untuk menghidupkan kembali kulit yang lelah. Scrub untuk eksfoliasi dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Contohnya, dengan setengah cangkir gula dan seperempat cangkir minyak almond manis. Scrub ini dapat digunakan setelah mandi dengan air panas sekitar 10 menit. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

5. Pijat Wajah dengan Serum

Mencegah kulit kusam bisa dengan memijat kulit wajah menggunakan serum pencerah wajah yang mengandung bahan pencerah vitamin C dan asam kojic. Gunakan 4 sampai 6 tetas serum untuk memperbarui dan meratakan warna kulit.

Pastikan juga kamu rutin memakai serum wajah terbaik dengan bahan aktif untuk mencerahkan wajah, seperti Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum. Serum lokal ini memiliki kandungan berupa Symwhite 377 dan tangerine (amino acid), serta niacinamide yang dapat mengatasi masalah pigmentasi pada kulit. Selain itu juga efektif membuat wajah jadi cerah bersinar.

Ilustrasi Serum Pencerah WajahFoto: Dok. Y.O.U Beauty

Brightening serum ini memiliki tekstur yang ringan, sehingga cepat meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan kesan berat di wajah. Sehingga, serum ini pun akan nyaman digunakan meski di-layer dengan produk lain sekalipun.

(akd/ega)