P&G Banjir Kecaman, Sebut Kaki Wanita 5x Lebih Bau Daripada Kaki Pria

Hestianingsih - wolipop Rabu, 30 Mar 2022 12:47 WIB
Young woman suffering from leg pain massaging toes because of uncomfortable shoes - Image Foto: istock
Jakarta -

Strategi pemasaran berujung kritikan dialami Procter & Gamble (P&G), perusahaan multinasional yang memproduksi berbagai produk keperluan rumah tangga. P&G di China mendapat kecaman setelah menyebut bahwa kaki wanita lima kali lebih bau daripada kaki pria.

Dalam unggahan di media sosial WeChat, P&G menulis bahwa wanita memiliki masalah bau kaki yang lebih buruk ketimbang pria. Namun unggahan tersebut sudah dihapus karena banyaknya protes dan kecaman.

"Kaki wanita baunya lima kali lebih parah ketimbang kaki pria. Kalau tidak percaya, coba cium saja," klaim P&G pada 13 Maret 2022.

Selain menulis tentang bau kaki, P&G juga mengklaim bahwa dada wanita merupakan area yang paling berbau tak sedap. Admin P&G juga menambahkan kalau rambut wanita dua kali lebih kotor daripada pria, karena mereka lebih jarang keramas. Rambut wanita yang panjang juga bisa menjadi sarang kuman.

Tak sampai di situ klaim yang membuat netizen meradang. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga menyebut bahwa pakaian dalam wanita lebih kotor dari pria.

"Bahkan untuk wanita yang sangat memperhatikan kebersihan dirinya," tambah P&G lagi.

Tak butuh waktu lama, netizen China langsung menggeruduk akun WeChat P&G dan mengancam memboikot produk-produknya. Mereka juga menyebut kalau tulisan itu bernada seksis.

Tagar bertulisan 'P&G dituding menghina wanita' pun bertebaran. Tak hanya di WeChat tapi juga Weibo, media sosial China mirip Twitter. Tagar tersebut sudah dilihat lebih dari 30 juta kali.

Dihujani protes dan kecaman, P&G pun menghapus unggahan yang memicu kemarahan itu. Mereka juga merilis surat terbuka berisi permohonan maaf.

"Kami dengan tulis memohon maaf atas konten artikel yang tidak pantas, yang tidak menghargai wanita. P&G selalu mendukung nilai-nilai kesetaraan, toleransi dan kesopanan. Kami sudah menghapus artikel terkait dan memperbaiki akun WeChat dengan serius," tulis P&G.



Simak Video "Mengenal Dimas Mangara Si Dada Jedak-Jeduk"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)