Liputan Khusus Pejuang Jerawat

Kisah Pejuang Jerawat, Rela Nggak Jajan dan Jalani Ruqiah Demi Wajah Mulus

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 21 Nov 2021 18:30 WIB
Foto: Dok. Instagram @ah.ptrr. Foto: Dok. Instagram @ah.ptrr.

Anak pertama dari dua bersaudara ini mengungkapkan saat masuk SMA merupakan masa tersulitnya. Dia merasa tidak percaya diri karena wajahnya berjerawat.

"Masuk SMA benar-benar masa sulit aku, beda banget sama SD dan SMP, meskipun aku jerawatan aku masih percaya diri dan nggak peduli orang mau ngomongin apa juga," ujarnya.

Pit yang pantang menyerah, langsung memikirkan cara yang tepat untuk mengobati jerawatnya tersebut. Ia mulai menyisihkan uang jajan agar bisa berobat ke dokter.

"SMA aku mulai berobat ke salah satu klinik terdekat selama dua tahun. Aku berobat di sana tapi tidak ada hasil karena masalah uang ya, soalnya lagi sekolah juga aku benar-benar mengumpulkan uang dari uang jajan aku sendiri karena melihat kondisi orangtua juga," jelasnya.

"SMA aku dikasih bekal Rp 15 ribu per hari ongkosnya Rp 5 ribu, Rp 10 ribu aku kumpulin buat aku ke dokter kadang yang seharusnya sebulan sekali buat periksa kadang bisa 3-4 bulan sekali. Karena benar-benar ngumpulin uangnya sendiri bela-belain nggak jajan dan selalu bawa makan sendri dari rumah," tutur Pit panjang lebar.

Foto Pitriani.Foto Pitriani. Foto: Dok/Pitriani.

Pit Pernah Dibully karena Jerawatan

Penampilan wajahnya yang penuh jerawat, Pit kerap menangis karena mendapatkan perundungan dari warganet di media sosial. Bullying juga datang dari orang di sekitarnya.

"Kalau masalah komentar aku sering banget dapat komentar bukan hanya dari netizen ya, orang orang sekitarpun sering. Kata guru aku aja 'Pitri mah kenapa beda jerawatan'," tirunya.

"Kata-kata yang paling aku sakit dapat dari komentar Instagram 'muka jelek kaya gitu mah mending ngelont* aja uangnya pakai buat perawatan', 'muka rusak mending operasi saja,' banyak ya," jelasnya.

Pit tak mau ambil pusing dengan berbagai komentar netizen. Dia langsung menghapus dan memblokir akun Instagram yang melakukan perundungan tersebut. Dia melakukannya agar tidak membuatnya semakin terpuruk.

"Tapi tetap ya realitanya mah tiap malam menangis cuma nggak berlarut dalam kesedihan, sedih secukupnya aja," tambahnya.

Foto Pitriani.Foto Pitriani. Foto: Dok. Instagram @ah.ptrr.

Bullying juga didapat Pit di sekolah. Dia mendapatkan komentar negatif dari teman-teman satu kelas, hingga tidak mempunyai teman.

"Aku sampai pengen berhenti sekolah, nggak punya temen sendirian selama tiga tahun, apalagi temen cowok di kelas selalu ledekin sampai sering disebut 'katak zuma' dan selalu diketawain. Ada beberapa orang yang temen cowok aku nggak pernah ngobrol sama aku selama tiga tahun dan kalau aku yang ngobrol itu nggak pernah dijawab," kata Pit yang merasa sakit hati.

Lalu, Pit pun mulai bangkit dan membuktikan jika ia bisa terlihat cantik dengan kekurangannya. Dia kerap membagikan postingan di akun media sosialnya tentang produk kecantikan untuk kulit yang berjerawat atau acne porn skin.

Melalui akun Instagramnya, dia juga membagikan kisah inspiratif untuk memberikan semangat bagi wanita yang mengalami hal yang sama. Pit pun tak ragu mengunggah kondisi kulit wajahnya. Dia sendiri hingga kini juga belum berani mencoba menggunakan makeup.

"Aku sendirinya nggak pernah mencoba-coba sentuh makeup. Jujur takut banget buat mencoba, meskipun banyak acne fighter yang makeup fine-fine saja, aku nggak pernah sama sekali coba. Kecuali ada acara benar-benar penting dan itu pun selalu dimakeupin orang," lanjutnya.

Pit juga menceritakan jika ia pernah menjalani pengobatan yang tak lazim, agar bisa menyebuhkan jerawatnya. "Buat mengobati jerawat paling gila aku sampai pakai darah haid, pernah diruqiah ya karena ada yang bilang aku diguna-guna," jelasnya sambil tertawa.

Di akhir wawancara, Pit memberikan semangat bagi kamu yang mengalami hal yang sama dengan dirinya.

"Aku yakin kalian bisa buktikan ke orang lain dan diri kalian sendiri bahwa kalian itu bisa sembuh. Terima kasih untuk kalian yang sampai sekarang sudah berusaha bertahan, kalian hebat! Ingat seberapa parah jerawat dan scars kalian, apapun itu permasalahan muka kalian jangan menyerah," tutupnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)