Liputan Khusus Pejuang Jerawat

Kisah Beauty Influencer Berjerawat, 9 Tahun Jadi Acne Fighter

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 21 Nov 2021 08:00 WIB
Foto Rika. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @rikawdwt21 Foto Rika. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @rikawdwt21

Konfirmasi Wolipop

Wolipop berbincang dengan Rika Widiawati yang mengunggah video tutorial makeup sebagai pejuang jerawat di akun TikToknya. Ia mengaku sudah sembilan tahun menjadi acne fighter atau pejuang jerawat.

Sebagai pemilik wajah berjerawat, Rika menceritakan perawatan yang pernah dia lakukan untuk kulit wajahnya. "Tentunya aku sudah menjalani perawatan yang lebih intensif selama dua tahun ini, 2020 dan 2021. Sudah mengikuti rangkaian produk dan treatmentnya juga," ungkap Rika melalui Whatsapp (10/11/2021).

Wanita 21 tahun itu menuturkan sudah mencoba berbagai jenis produk untuk perawatan kulit wajahnya. Mulai dari yang murah hingga mahal sudah dicobanya.

"Dari yang tidak cocok sampe yang cocok. Kalau jerawatannya sih sudah cukup lama banget dari zaman sekolah SD mau ke SMP sudah muncul jerawat," tuturnya.

Wanita yang tinggal di Bandung, Jawa Barat itu bercita-cita ingin menjadi MUA. Membuat konten tutorial makeup adalah hobinya.

"Aku ingin menjadi MUA. Walau ya sebetulnya belum bisa banget make up tapi masih sedikit belajar secara otodidak. Dan sekaligus membuat video adalah murni hobi aku. Apalagi tentang make up transisi yang sekarang lagi populer, suka banyak terinspirasi juga dari content beauty lainnya. Tapi memang mungkin orang-orang nggak fokus ke make upnya kali ya tapi ke jerawat aku," tuturnya panjang lebar.

Kisah Rika Widiawati yang menjadi acne fighter.Kisah Rika Widiawati yang menjadi acne fighter. Foto: Dok/Rika Widiawati.

Video Rika Tuai Kritik Netizen

Anak kedua dari tiga orang bersaudara itu mengaku kerap mendapatkan komentar negatif dari netizen di akun TikToknya. Rika pun menjelaskan caranya menghadapi komentar tidak sedap tersebut.

"Bahkan setiap postingan suka ada aja yang komentar negatif. Tapi selagi memang itu nggak bikin aku down biasanya aku biarin aja sih. Berhubung kalau kita mau bikin orang-orang semuanya suka ke kita kan nggak akan mungkin ya. Jadi komentar buruk itu pasti ada saja," jelasnya.

Ia memilih fokus dengan komentar netizen yang memberikan dukungan untuknya. "Biasanya aku fokusnya sama komentar yang memang bisa membangun aku. Dan mhgak sedikit juga dari teman online aku banyak banget yang memberikan komentar positif dan bikin aku tambah semangat," sautnya.

Kisah Rika Widiawati yang menjadi acne fighter.Kisah Rika Widiawati yang menjadi acne fighter. Foto: Dok/Rika Widiawati.

Warganet kerap memberikan saran bagi Rika, agar jangan memakai makeup jika kondisi wajah sedang jerawat. Ia pun menanggapi komentar tersebut.

"Menurut aku, make up atau nggak make up itu pilihan ya. Yang penting kita harus tahu mana yang baik untuk kita dan yang nggak. Nggak ada yang lebih tahu kondisi kita selain diri kita sendiri," tegasnya.

"Menurutku selagi makeup dengan menggunakan produk yang aman dan cocok, nggak ada masalahnya. Nggak menutup kemungkinan kalau yang jerawatan nggak bisa berkarya lewat make up. Yang penting wajib Double Cleansing setelahnya," tambahnya.

Wanita yang bekerja sebagai freelancer tersebut juga setuju dengan komentar warganet yang menyarankannya agar tidak memakai makeup. Namun menurutnya jerawat tak melulu karena makeup.

"Aku tentu setuju, kalau terkadang makeup-an bisa bikin kulit tambah parah. Tapi kita harus cari tahu dulu karena apa? Belum tentu karena makeupnya. Tapi bisa jadi karena cara bersihinnya yang kurang tepat. Kalau yang tahu aku pasti tahu, kalau aku makeupan itu gak setiap hari. Jadi sejauh ini aman-aman saja. Alhamdulilah," lanjutnya.

Bagi pejuang jerawat sepertinya, Rika memberikan pesan semangat. Menurutnya wajah berjerawat bukan berarti tidak bisa mengembangkan minat dan bakat diri. Berikut pesannya:

"Hai cantik, nggak usah khawatir yaa kamu itu cantik sesuai porsinya kamu. Jangan selalu fokus sama apa yang jadi kekurangan kamu. Tapi coba kamu fokus sama kelebihan yang kamu punya. Kembangkan itu dan jadi dirimu sendiri. Nggak usah takut, semua ini hanya tentang waktu," ucapnya.

"Waktu sendiri yang akan menjawab "kapan kamu sembuh?" hari ini, besok dan nanti adalah hari yang harus selalu kamu syukuri. Yuk bisa yuk! Berhenti insecure dan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Dan tentunya cintai diri kamu sendiri dengan APA ADANYA," tutup Rika.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)