ADVERTISEMENT

Cerita Sebenarnya di Balik Viral Guru Bergaji Kecil Nyambi Jadi Perias

Imam Suripto - wolipop Minggu, 31 Okt 2021 18:30 WIB
Foto: Imam Suripto/Detikcon Foto: Imam Suripto/Detikcon

Tanggapan Kepala Sekolah Soal Guru Kerja Sampingan Jadi MUA

Purwati Rahayu, Kepala SD Negeri Cigadung 1 menanggapi viralnya guru di tempatnya mengajar tersebut. Dia mengatakan, jumlah guru di sekolahnya ada sembilan orang termasuk dirinya. Dari sembilan orang ini, dua orang berstatus PNS, satu berstatus PPPK dan lainnya GTT.

"Yang PNS itu guru mapel olahraga, kepala sekolah, lalu guru kelas 4 itu PPPK. Selain itu guru wiyata bhakti (GTT)," terang kepala sekolah.

Honor para GTT di sekolahnya, dijelaskan Purwati diambil dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Besaran honor yang diterima tergantung dari lama kerja dan jumlah murid.

"Kalau untuk honor, mengingat situasi kondisi sekolah, jumlah murid yang segitu (120 orang), kemudian jumlah wiyata bhakti cukup banyak, maka kami hanya mampu memberikan honor paling tinggi Rp 650 ribu. Itu bagi yang sudah lama, jadi besarannya menurut masa kerja. Untuk Mba Minha itu Rp 450 ribu dan itu baru kemarin," bebernya.

Soal pekerjaan Minha, Purwari mengatakan, sejauh ini tidak mengganggu aktifitas dinasnya. Pasalnya, pekerjaan sampingan itu dilakukan setelah jam dinas.

"Alhamdulilah pekerjaan itu tidak mengganggu dinasnya, kegiatan yang itu selalu dikerjakan di luar jam dinas," tandas Purwati.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Sutrisno menerangkan, pengangkatan GTT merupakan kewenangan masing masing kepala sekolah. Dinas Pendidikan dalam hal ini, kata Sutrisno hanya sebatas memantau berdasarkan laporan yang masuk.

Kemudian soal honor para GTT, semuanya diambilkan dari dana BOS. Besarannya tergantung kemampuan masing masing sekolah dan jumlah murid.

"Jadi masalah GTT memang untuk pengangkatan ada di kepala sekolah, kemudian dapodik pun di sekolah masing masing. Kita hanya memantau. Kemudian untuk BOS yang jadi viral, ada Rp.300 ribu ada yang Rp.400 ribu dan Rp.500 ribu tergantung kemampuan sekolah. Kalau jumlah murid banyak jumlah dana BOS akan besar," tutupnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)