13 Tips Perawatan Rambut Rontok Anti Ribet

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 12:45 WIB
Portrait of a beautiful young woman examining her scalp and hair in front of the mirror, hair roots, color, grey hair, hair loss or dry scalp problem Perawatan rambut rontok. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean
Jakarta -

Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk menghentikan kerontokan rambut. Apa saja perawatan rambut rontok?

Kerontokan rambut disebabkan oleh hal-hal seperti masalah tiroid, stres, infeksi kulit kepala, alopecia androgenik, atau sekadar penuaan. Namun, beberapa situasi, seperti kerontokan rambut setelah kehamilan (telogen effluvium), dapat sembuh dengan sendirinya.

Saat kerontokan rambut terus berlanjut, kamu sebaiknya perlu untuk segera mengambil tindakan. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut.

Berikut 13 tips untuk perawatan rambut rontok yang mudah dilakukan:

1. Konsumsi Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Seperti dilansir Healthline, satu studi 2017 dari 100 orang dengan rambut rontok mencatat beberapa kekurangan nutrisi pada peserta, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai bahan pembangun protein.

Sementara para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, makan makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan sehat termasuk makanan seperti telur, kacang-kacangan dan kacang polong, ikan, produk susu rendah lemak, ayam, dan kalkun.

2. Perawatan Rambut Rontok dengan Vitamin A

Vitamin A terdiri dari bagian retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut. Isi piringmu dengan makanan yang kaya vitamin A, seperti ubi jalar, paprika manis, dan bayam.

3. Biotin

Biotin (vitamin H atau B7) terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh. Proses ini sangat penting untuk siklus hidup rambut dan kamu mungkin mengalami kerontokan rambut jika kamu memiliki kekurangan biotin. Konsultasikan dengan dokter tentang mengonsumsi biotin tiga sampai lima miligram setiap hari.

Fresh GinsengPerawatan rambut rontok dengan gingseng. Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

4. Perawatan Rambut Rontok dengan Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Kamu dapat menggunakan shampoo yang mengandung ginseng sebagai perawatan rambut rontok.

5. Mencuci Rambut secara Teratur

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi dari kerontokan rambut dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan membuatnya patah, menyebabkan rambut rontok.

6. Perawatan Rambut Rontok dengan Minyak kelapa

Menurut tinjauan studi tahun 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali.

Olive oil bottle in the kitchenPerawatan rambut rontok dengan minyak zaitun. Foto: Getty Images/iStockphoto/MileA

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengkondisikan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut genetik.

Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci.

Perawatan rambut rontok bisa dengan minyak atsiri. Bagaimana caranya? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

8. Gaya Rambut

Hindari membuat gaya rambut kepang ketat atau kuncir kuda yang dapat menarik rambut hingga ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Penata rambut panas, seperti alat pengeriting atau pelurus rambut, juga dapat merusak atau mematahkan batang rambut.

Perawatan kimia, seperti pengeritingan atau pewarnaan rambut, juga dapat merusak rambut dan kulit kepala. Tanyakan kepada penata rambut tentang alternatif, seperti pewarna rambut organik dan lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD).

9. Perawatan Rambut Rontok dengan Terapi laser

Laser tingkat rendah dapat digunakan sebagai perawatan rambut rontok untuk membantu meningkatkan kepadatan rambut untuk orang dengan kerontokan rambut genetik dan kerontokan karena kemoterapi. Pilihan ini juga disebut 'terapi lampu merah', dan dapat bekerja dengan merangsang sel induk epidermis.

10. Minyak atsiri

Minyak atsiri dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Sebuah studi tahun 1998 membagi 86 orang dengan alopecia areata menjadi dua kelompok, salah satunya minyak kayu cedar yang dicampur dengan lavender dan rosemary ke kulit kepala mereka. Setelah tujuh bulan, 43 persen dari kelompok itu menunjukkan peningkatan rambut.

Minyak esensial lain yang perlu dipertimbangkan termasuk lavender, serai, dan peppermint. Coba campurkan beberapa tetes salah satu atau semua minyak ini dengan beberapa sendok makan minyak pembawa, seperti jojoba atau biji anggur, dan oleskan ke kulit kepala selama 10 menit sebelum dicuci.

11. Perawatan Rambut Rontok dengan Jus Bawang

Orang dengan alopecia areata mungkin melihat pertumbuhan kembali setelah mengoleskan jus bawang mentah ke kulit kepala mereka dua kali sehari. Sementara penelitian tentang perawatan ini terbatas, jus bawang tampaknya meningkatkan pertumbuhan hampir 87 persen peserta dalam sebuah studi kecil tahun 2014. Bagaimana cara kerjanya? Para ilmuwan percaya keajaiban terletak pada kandungan belerang bawang.

12. Pijat

Memijat kulit kepala tentu terasa enak, tetapi bisakah itu membantu mengatasi rambut rontok? Satu studi kecil tahun 2016 menunjukkan peserta melihat hasil dengan pijatan empat menit sehari selama 24 minggu. Hasilnya memijat kulit kepala bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif perawatan rambut rontok.

13. Yoga

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat merespon yoga dengan baik. Cobalah pose yoga penghilang stres ini untuk mencegah dan memperlambat kerontokan rambut: Downward Facing Dog, Forward Bend, Camel Pose, Shoulder Stand, Fish Pose, and Kneeling Pose. Kamu dapat menemukan pose-pose ini secara gratis di YouTube.

Kerontokan rambut sebenarnya merupakan hal umum bagi orang untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Namun, jika kamu mengalami kerontokan yang lebih atau penipisan rambut secara keseluruhan, perlu untuk melakukan perawatan rambut rontok untuk mencegah kebotakan.

Pertimbangkan untuk membuat janji bertemu dokter jika kamu mengalami kerontokan rambut yang tiba-tiba atau ekstrem. Beberapa kondisi, seperti masalah tiroid, mungkin tidak merespons pengobatan rumahan dan memerlukan pengobatan penyebab yang mendasarinya.

Juga perlu diingat bahwa perawatan rambut rontok apa pun yang kamu gunakan dapat memakan waktu mulai dari enam bulan hingga satu tahun untuk menunjukkan perbaikan pada area di mana kerontokan rambut telah terjadi.

(eny/eny)