Cerita Bali Alus, Sukses dari Bisnis Rumahan hingga Tembus Ekspor

Erika Dyah - wolipop Selasa, 03 Agu 2021 12:55 WIB
Bali Alus Foto: Istimewa
Jakarta -

Produk kecantikan termasuk juga skincare menjadi andalan masyarakat untuk merawat diri, terutama di masa pandemi ini. Berbagai produk saling berlomba mengeluarkan beragam inovasinya, tak ketinggalan juga skincare lokal.

Salah satu Entrepreneur Heroes BNI, Ni Kadek Eka Citrawati turut mengembangkan berbagai produk kecantikan dan skincare lokal melalui usahanya PT Bali Alus di Denpasar. Perempuan asal Bali ini mulai mengembangkan produknya dari skala kecil dengan memproduksi kosmetik rumahan. Ia yang selalu ingin berinovasi dengan bahan alami khas Bali ini pun akhirnya sukses mengangkat tradisi lokal ke pasar yang lebih besar lagi.

Produk-produk skincare dari bisnis Ni Kadek dibuat dengan bahan alami, khas dengan ramuan dan budaya Bali yang kental. Ciri khas inilah yang disebut sebagai keunggulan dari bisnis skincare lokal asal Bali ini.

Diketahui, Ni Kadek pun terus mengembangkan produknya mulai dari hair care, body lotion, krim wajah, masker, face spray, natural soap, aromatherapy dan lain-lain. Ia mengungkap, pihaknya juga terus berupaya mengikuti pelatihan dan persyaratan yang ditentukan oleh BPOM untuk mengolah dan membuat kosmetik yang baik dan benar. Harapannya, dengan hal ini ia bisa membuka pasar kosmetik Bali Alus mulai dari pasar lokal hingga mancanegara.

Melansir situs resmi Bali Alus, produk kecantikan yang ditawarkan Ni Kadek telah diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Singapura, Malaysia, Australia, dan beberapa negara di Eropa.

Tak hanya berbisnis saja, Ni Kadek mengaku turut aktif dalam memberdayakan petani sekitar dan ikut menghasilkan rempah-rempah yang baik untuk menunjang produk kosmetik yang diproduksi.

"Sebuah bentuk pengembangan demi menjaga tradisi leluhur dan kearifan lokal yang sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan, oleh karena itu semua PT BALI ALUS sekarang berkembang menjadi begitu banyak produk kecantikan mulai dari perawatan rambut, tubuh hingga ujung kaki," ungkap Ni Kadek dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (3/8/2021).

Ia pun mengatakan inovasi dan kepedulian yang tercermin dalam bisnisnya baru-baru ini dianugerahi penghargaan oleh BPOM serta beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Ingin tahu kisah lebih lanjut dari bisnis Bali Alus? Anda bisa menyimaknya langsung dari Ni Kadek melalui acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

[Gambas:Instagram]

Dengan tema 'Be Young, Be Creative, Be Different!', Ni Kadek akan mengisi webinar di hari kelima Festival Ide Bisnis by Xpora. Selain itu, Festival Ide Bisnis by Xpora ini juga akan diisi oleh kisah dari Founder RorokenesIndonesia serta dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan pada 3 Agustus 2021 pukul 13.00 secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora. Yuk, ikut dan dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI.



Simak Video "NSS Live IG x BNI EP.3 Bersama Direktur Bisnis Konsumer BNI: Buktikan Diri Unggul Sebagai Women Leader"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)