Stres Picu Masalah Kulit? Segera Atasi dengan Cara Ini!

Content Promotion - wolipop Sabtu, 19 Jun 2021 09:05 WIB
Ilustrasi wajah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Situasi pandemi membuat rentan mengalami stres. Tidak sedikit orang yang merasa terkuras secara emosional akibat terlalu lama tinggal di rumah. Akibatnya timbul rasa cemas dan was-was, hingga rasa bosan karena aktivitas yang terbatas.

Sayangnya hingga kini belum bisa dipastikan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Namun, jangan sampai hal ini turut mempengaruhi kondisi psikis, ya. Sebab stres yang berkepanjangan bisa memicu sederet masalah pada tubuh. Salah satu bagian yang paling mudah terdampak, yaitu kulit.

Dikutip dari Healthline, berikut masalah kulit yang kerap terjadi akibat stres.

Muncul Mata Panda

Lingkaran hitam atau mata panda biasanya dialami wanita karena sering begadang. Namun, tidak hanya begadang saja yang menyebabkan mata panda, tapi juga stres. Meski bisa diakali dengan makeup, ada baiknya kamu mengontrol stres agar masalah mata panda bisa dihindari.

Kulit Jadi Lebih Kering

Kulit memiliki lapisan luar bernama stratum korneum yang mengandung protein dan lipid. Lapisan ini berperan dalam menjaga sel kulit tetap terhidrasi. Jika stratum korneum ini terganggu maka kulit bisa menjadi kering dan gatal.

Muncul Ruam pada Kulit

Kondisi stres bisa memicu timbulnya ruam kemerahan pada wajah. Saat stres sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga berdampak pada terganggunya keseimbangan bakteri pada kulit. Apabila hal ini terjadi maka bisa menyebabkan ruam-ruam kemerahan di kulit.

Kulit Berjerawat

Saat stres kulit wajah menjadi lebih rentan berjerawat. Hal ini karena tubuh memproduksi hormon kortisol, sehingga jumlahnya meningkat dan mendorong kelenjar sebasea menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak. Selain itu, stres juga disebut dapat mengganggu keseimbangan bakteri jahat dan baik di usus yang dapat memicu jerawat pada kulit.

Agar tidak menjadi parah, sebaiknya segera atasi permasalahan pada kulit akibat stres. Salah satunya dengan menggunakan skincare dengan kandungan yang efektif menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, seperti Skin Ready Hydrating Booster.

Bhumi Natural Skincare Foto: Dok. Bhumi Natural Skincare

Produk hydrating toner ini efektif untuk meredam lonjakan hormon kortisol bahkan hingga 70 persen, karena diperkaya dengan neurophroline (2%). Selain itu, ekstrak Tephrosia purpurea ini juga diyakini mampu membantu stimulus beta endorphin pada kulit.

Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki kandungan chamomile water yang dapat mencerahkan kulit sekaligus mencegah efek radikal bebas, serta allantoin yang baik untuk menghidrasi sehingga kulit jadi lebih sehat dan kenyal.

Bhumi Natural Skincare Foto: Dok. Bhumi Natural Skincare

Produk Skin Ready Hydrating Booster ditujukan bagi wanita untuk mempersiapkan kulit dengan cara destress the skin. Hal ini dimaksudkan agar kulit mampu menyerap skin dengan baik dan kandungan di dalamnya dapat memberikan manfaat optimal.

(ads/ads)