Do's & Don'ts Sebelum Ganti Gaya Rambut Sendiri Saat Harus #dirumahaja

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 09 Apr 2020 17:30 WIB
Young Woman at Hair Salon Tips sebelum ganti gaya rambut sendiri. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Demi mencegah penyebaran virus corona, mengharuskan kita untuk mengerjakan segalanya di rumah, termasuk untuk perawatan rambut dan kecantikan. Kamu tidak bisa pergi ke salon untuk mengubah gaya rambutmu, memotong, ataupun mewarnainya. Namun jika kamu benar-benar ingin mengubah gaya rambutmu, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya tidak mengecewakan. Seperti dikutip dari Metro, Sophia Hilton, pendiri Not Another Salon memberikan beberapa tipsnya untukmu.

Don'ts: Menggunakan Bleaching

Jika kamu ingin mengubah warna rambutmu sendiri di rumah, maka jangan coba-coba untuk menggunakan bleaching. Mencoba melakukan bleaching sendiri di rumah bisa membuat rambutmu menjadi rusak. Selain itu, kamu bisa saja mendapatkan hasil yang tidak memuaskan, seperti warna rambut yang tidak rata. Pada akhirnya, kamu akan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk perawatan rambutmu.

Do's: Gunakan Warna Langsung

Menggunakan warna langsung maksudnya adalah dengan tidak mengubah warna rambut aslimu sebelumnya, misalnya dengan membuatnya menjadi lebih terang. Bagi pemilik warna rambut gelap yang ingin mengubah rambutnya menjadi warna-warna pastel pasti akan membutuhkan warna rambut yang cukup terang untuk dijadikan dasarnya agar warna-warna cerah bisa muncul. Namun jika kamu tidak menginginkan rambutmu menjadi rusak maka jangan mencampurkan cat rambutmu dengan peroksida. Jadi jika kamu ingin mewarnai rambutmu maka gunakan warna langsung yang kamu inginkan tanpa mengubah dasar warna rambutmu.

happy young woman combing hair in bathroomFoto: Thinkstock

Do's: Memakai Cat Rambut Semi Permanen dan Yang Berkualitas Tinggi

Pastikan bahwa kamu menggunakan cat pewarna rambut berkualitas tinggi yang tidak akan merusak rambut. Pewarna rambut berkualitas rendah dapat membuat rambut menjadi kering dan pecah-pecah setelahnya.

Do's: Tanyakan pada Ahli Penata Rambutmu

Jika kamu memiliki seorang profesional yang biasa menata rambutmu maka kamu bisa bertanya dan meminta pendapat darinya. Dirinya pasti akan mengerti jika kamu igin melakukan perubahan rambut sendiri di saat seperti ini. Mintalah pendapat darinya jika kamu ingin mewarnai atau memotong rambutmu karena dia mengetahui kondisi rambutmu, apa yang harus kamu lakukan dan hindari.

Beautiful young woman dyes her hairTips perawatan rambut di rumah. Foto: Thinkstock

Do's: Cobalah Gunakan Rambut Palsu Sebelum Memutuskan untuk Memotongnya

Saat ini sudah banyak rambut palsu atau hair clip yang bisa kamu coba sebelum memutuskan untuk memotongnya. Misalnya sebelum memotong poni, kamu mungkin bisa mencoba membeli poni clip-in. Hal itu akan lebih efektif daripada kamu harus memotongnya sendiri di rumah.

Don'ts: Potong Rambut saat Rambut Basah

Sophia mengatakan jika kamu harus terpaksa memotong rambutmu sendiri maka jangan melakukannya saat rambut masih basah. Pastikan rambut dalam keadaan bersih dan kering. Selain itu, Sophia juga menyarankan untuk tidak menarik rambut saat memotongnya. Hal itu dapat membuat hasil potongan rambutmu menjadi lebih pendek dari yang kamu inginkan.

Untuk hasil maksimal, gunakan gunting yang tajam dan berkualitas tinggi. Namun jika pada akhirnya hasil potongan rambutmu tidak sesuai dengan yang kamu harapkan maka tidak usah bersedih karena rambutmu akan tumbuh kembali. Hanya saja dibutuhkan waktu untuk membuatnya kembali panjang.



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)