Ladies yang Extension Bulu Mata, Awas Muncul Kutu di Bulu Matamu

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 20 Nov 2019 06:35 WIB
Extension bulu mata. Foto: dok. iStock Extension bulu mata. Foto: dok. iStock

Jakarta - Extension bulu mata masih tetap diminati hingga kini meski trennya sudah berlalu. Buat kamu yang bulu matanya hasil ekstensi, waspadai munculnya kutu.

Seperti dikutip The Sun, kasus munculnya kutu pada bulu mata ini semakin banyak ditemukan oleh para optometrist atau seorang profesional yang menyediakan layanan kesehatan mata. Dalam istilah kesehatan, munculnya kutu pada bulu mata ini disebut Demodex.

Penyebab masalah Demodex ini karena wanita yang melakukan extension bulu mata enggan membersihkan area matanya tersebut. Mereka melakukan hal demikian karena ingin bulu mata hasil ekstensi bertahan lama dan tidak rontok.



"Umumnya orang yang extension bulu mata takut untuk menyentuh bulu matanya atau mencucinya karena mereka tidak mau bulu matanya itu rontok," ujar Dr Sairah Malik kepada ABC7.

Ilustrasi wanita yang matanya sakit akibat extension bulu mata.Ilustrasi wanita yang matanya sakit akibat extension bulu mata. Foto: dok. Metro


Namun pilihan tersebut juga menimbulkan risiko pada kesehatan mereka. Dengan tidak dibersihkannya area bulu mata, meningkatkan risiko munculnya bakteri hingga infeksi.

Gejala Demodex ini biasanya dimulai dengan munculnya rasa gatal pada bulu mata. Kemudian berlanjut dengan kemerahan dan yang terparah munculnya kutu di bulu mata. Kutu merupakan organisme yang hidup di folikel rambut dan makhluk tersebut bisa pindah ke siapa saja.

Mencegah munculnya kutu atau terjadinya demodex ini, Dr Sairah menyarankan bersihkanlah bulu mata dengan clenaser berbahan tea tree. Menurutnya semua jenis pembersih berbahan tea tree baik digunakan untuk perawatan sehari-hari.

Sebelumnya kasus wanita dengan kutu di bulu matanya sudah sempat viral. Adalah seorang wanita asal China yang mengalami nasib buruk tersebut. Wanita berusia 32 tahun itu mengalami mata yang kering dan sangat gatal di sekitar kelopak matanya. Merasakan tidak nyaman di bulu matanya selama enam bulan, dia pun pergi ke dokter dan ditemukan kutu di sekitar area bulu matanya.

Lewat mikroskop, dokter menemukan kutu-kutu berjalan di sekitar tempat pertumbuhan bulu matanya. Kutu tersebut memakan sel-sel kulit mati di sekitar folikel rambut.

Belakangan diketahui, wanita yang gemar memakai makeup ini kerap malas membersihkan area matanya. Akibatnya muncul kutu di bulu matanya.




Simak Video "Bulu Mata Astrid Alami Kebotakan karena Sambung Bulu Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)