Instagram Hapus Filter Efek Operasi Plastik Karena Merusak Mental Kaum Muda

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 24 Okt 2019 14:27 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Beberapa waktu lalu ada sejumlah filter di Instagram yang memiliki efek seperti operasi plastik. Kini, media sosial berbagi foto tersebut menghapus dan melarang adanya filter yang memiliki efek seperti operasi plastik.

Filter 'Fix Me' telah dihapus Instagram karena menempelkan tanda pena pada wajah pengguna sebagai pemetaan untuk operasi plastik. Filter lainnya yang dihapus adalah 'Plastica'. Filter tersebut menunjukkan bagaimana wajah jika kelebihan operasi plastik, seperti bibir dengan volume yang berlebihan dan pipi yang terlihat naik.



Instagram Hapus Filter Efek Operasi Plastik Karena Merusak Mental Kaum MudaFoto: dok. Instagram


Bagi sebagian pengguna Instagram, filter tersebut justru mendorong mereka menginginkan melakukan operasi plastik. Salah satu user menunjukkan selfie dengan filter tersebut dengan keterangan foto "this is my goals one day."

Perusahaan filter untuk Instagram Spark AR mengaku telah didesak oleh Instagram agar tidak mengizinkan untuk menerbitkan filter-filter yang berhubungan dengan operasi plastik.

Instagram Hapus Filter Efek Operasi Plastik Karena Merusak Mental Kaum MudaFoto: dok. Instagram


Seperti dikutip The Sun, Instagram ingin menciptakan arena media sosial mereka menjadi positif untuk penggunanya. Hadirnya filter efek operasi plastik di Intsgram bisa memicu rusaknya mental kaum muda yang terobsesi dengan bedah plastik.

Sejumlah dokter mengatakan bahwa kaum muda banyak yang mengalami depresi karena rasa tidak puas dengan penampilan alami mereka. Hadirnya filter-filter yang mengubah wajah membuat mereka semakin terobsesi dengan operasi plastik.

Simak Video "Cantiknya Para Barbie di Dunia Nyata Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)