Penyebab dan Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah

Vina Oktiani - wolipop Senin, 26 Agu 2019 15:41 WIB
Cara mengatasi pori-pori besar di wajah. Foto: iStock Cara mengatasi pori-pori besar di wajah. Foto: iStock

Jakarta -

Pori-pori besar di wajah menjadi masalah yang sering dikeluhkan wanita. Para wanita biasanya akan menutupi pori-pori wajah mereka dengan menggunakan makeup. Salah satu cara mengecilkan tampilan pori-pori besar di wajah adalah dengan memakai base makeup. Tapi sayangnya trik tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena setelah makeup dibersihkan maka pori-pori wajah akan kembali seperti semula.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pori-pori pada wajah menjadi lebih besar. Pertama karena produksi sebum yang berlebihan pada wajah. Penyebab pertama ini terjadi bisa karena makanan yang dikonsumsi, stres, paparan sinar matahari atau pemilihan produk perawatan yang salah,

Penyebab kedua yang membuat pori-pori wajah besar adalah pertambahan usia. Semakin bertambahnya usia maka kulit akan semakin kehilangan elastisitasnya. Berkurangnya elastisitas kulit disebabkan dari produksi kolagen yang melambat atau bisa juga karena paparan sinar matahari.



Faktor keturunan atau gen juga dapat mempengaruhi besar atau kecilnya pori-pori wajah. Menurut penelitian, pori-pori wanita Asia tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Namun berbeda dengan wanita India yang justru terlihat semakin membesar.

Kamu mungkin tidak dapat menghindari faktor gen ini. Tetapi kamu dapat mengubah pola hidupmu sehingga pori-pori wajah yang besar terlihat lebih kecil. Seperti dikutip dari Brightside, berikut ini tiga cara untuk mengecilkan pori-pori besar wajah.

1. Makan Makanan Sehat
Menjaga konsumsi makanan sangat penting dilakukan, terutama jika kamu memiliki kulit yang sangat mudah mengeluarkan minyak. Jika wajahmu sudah mulai berminyak hanya dalam satu jam setelah melakukan perawatan kulit maka kamu perlu mengurangi asupan karbohidrat seperti gula, roti putih, nasi putih, atau makanan-makanan lain yang dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah dan menyumbat pori-pori hingga menimbulkan jerawat.

Sebagai gantinya, perbanyaklah makan ikan dan sayur-mayur karena hal ini dapat membantu mencegah jerawat. Selain itu cobalah meminum teh hijau karena minuman tersebut mengandung plifenol yang dapat mengurangi produksi sebum. Cara lainnya dengan menambahkan beberapa rempah-rempah dalam makananmu, seperti kayu manis, oregano, cengkeh, jahe, dan bawang putih karena dapat membantu melawan penuaan dini pada kulit.


2. Bersihkan dan Lembabkan
Kulit wajah yang memiliki pori-pori yang besar harus selalu dibersihkan dua kali sehari, karena jika tidak maka kosmetik, kulit mati, dan debu dapat menyumbat pori dan bisa menyebabkan jerawat. Jangan menggunakan scrub untuk mencuci wajah karena dapat merusak dan menimbulkan peradangan pada kulit. Sebaiknya kamu menggunakan peeling yang mengandung salicylic acid (1%) atau glycolic atau lactic acid (2-5%) untuk regenerasi sel-sel kulit dan membersikan pori.

Pemilik wajah dengan pori-pori besar tidak disarankan menggunakan sabun biasa untuk mencuci muka karena smemiliki ph yang cukup tinggi, yaitu 8 sampai 10 ph sehingga dapat merusak lapisan pelindung kulit yang dapat memicu peningkatan produksi sebum. Sebaiknya pilhlah sabun muka yang memiliki ph tidak lebih dari 5,5. Usahakan untuk mencuci wajah diantara jam 12 siang hingga 4 sore karena pada jam-jam tersebut kulit sedang aktif memproduksi sebum.

Setelah membersihkannya, tipe kulit berminyak dengan pori-pori wajah yang besar juga harus diberikan pelembab yang mengandung proteksi dari sinar UV, kotoran, dan dapat menjaga elastisitas kulit. Tabir surya sangat penting digunakan setiap hari karena jika tidak, cahaya UV akan menghancurkan kolagen dalam kulitmu dan akan membuat elastisitas kulit berkurang. Kamu bisa memilih tabir surya dengan bahan dasar air yang berupa krim atau gel yang tidak menyumbat pori.

3. Pilih Kosmetik yang Aman
Kosmetik yang mengandung lilin, minyak, talek, dan semacamnya dapat menyumbat pori-pori pada wajah. Wajah dengan pori-pori besar membutuhkan kosmetik yang dapat mengurangi produksi sebum, oleh sebab itu pilihlah kosmetik yang mengandung Nordihyroguaiaretic Acid, NDGA, dan Sarcosine karena dapat mengurangi produksi sebum. Kosmetik dengan bahan Niacinamide, Zinc Gluconate, Kafein, Biotin, dan ekstrak kulit Enatia Chloranta juga baik bagi kulit karena dapat mengatur fungsi kelenjar keringat menjadi lebih baik.

Perlu diingat bahwa penggunaan kosmetik berbahan Talc, Alkohol dan Mineral Oil sangat tidak disarankan karena dapat berpengaruh buruk bagi kulit. Talc dapat menyumbat pori sehingga lebih disarankan untuk menggunakan produk yang berbahan dasar mineral. Alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan menghambat proses pelepasan kulit mati. Terakhir, Mineral Oil, tidak disarankan karena mengandung bahan yang menyumbat pori dan dapat menyebabkan komedo.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)