7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik Kecantikan

Hestianingsih - wolipop Minggu, 28 Jul 2019 20:19 WIB
Ilustrasi. Foto: dok. iStock Ilustrasi. Foto: dok. iStock

Jakarta - Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pun makin terlihat, salah satunya di bawah mata. Namun ada sebagian orang yang telah mengalami keriput di area tersebut meskipun masih berada di kisaran usia 25 atau 30-an, sehingga membuat wajah tampak lelah dan tua.

Penyebab timbulnya kerutan bawah mata bisa bermacam-macam. Selain karena usia, juga gaya hidup tak sehat, seperti merokok, sering begadang, atau kebiasaan mengucek mata dengan keras.

Ingin memperhalus kerutan bawah mata tanpa operasi atau pengencangan ke klinik? Ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Hindari Kontak dengan Matahari Langsung
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: Thinkstock

Ahli bedah plastik di New York, Darrick Antell, MD, memaparkan pada Webmd, bahwa paparan sinar matahari meningkatkan risiko timbulnya kerutan pada kulit. Selalu gunakan sunscreen minimal SPF 30 saat keluar rumah, oleskan terutama di area mata. Jangan lupa pakai sunglasses jika cuaca sangat terik.

"Sunscreen untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari adalah metode yang paling penting untuk menjaga kulit awet muda," kata ahli bedah plastik di Las Vegas, Goesel Anson, MD.

Selain itu, ahli bedah plastik wajah di New York, Konstantin Vasyukevich, MD, menjelaskan sinar matahari dapat menurunkan kolagen sehingga menyebabkan pembentukan garis-garis dan lipatan di daerah yang terpapar sinar matahari.

2. Hindari Merokok
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: Thinkstock

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa asap rokok dapat membuat kulit menua dengan merusak enzim kolagen dan elastin, komponen penting dari kulit. Studi yang dilakukan di Rumah Sakit St. Thomas, London menemukan, pria dan perempuan yang rutin merokok cenderung memiliki kulit yang lebih keriput dan sampai 40% lebih tipis daripada yang bukan perokok.



3. Tidur Cukup
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: iStock

Dokter kulit Yale, Nicholas Perricone, MD, mengatakan bahwa ketika kurang tidur, tubuh memproduksi kortisol berlebih. Kortisol adalah hormon yang memecah sel-sel kulit. Perricone menyarankan agar kamu tidur yang cukup untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang membantu kulit tetap elastis dan cenderung tidak mudah berkerut.

4. Konsumsi Ikan Salmon
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: iStock

Ikan salmon merupakan sumber protein yang bagus. Selain itu juga sumber asam lemak esensial yang dikenal dengan omega-3. Dokter kulit dari Yale, Nicholas Perricone, MD, mengatakan bahwa asam lemak esensial membantu menyehatkan kulit serta membuatnya tetap kenyal, awet muda, dan membantu mengurangi keriput.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: Thinkstock

Kunci memperbaiki kerutan yang sudah cukup dalam adalah senyawa antioksidan yang terdapat pada buah dan sayuran. Antioksidan dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat merusak sel). Senyawa ini bermanfaat untuk membantu kulit terlihat lebih muda dan cerah bersinar.

6. Gunakan Pelembap
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: iStock

"Wanita, terutama, sangat peduli dengan produk antipenuaan. Tapi mereka sering mengabaikan kekuatan pelembap. Kulit yang lembap terlihat lebih baik, sehingga garis dan lipatan menjadi kurang terlihat," kata Robin Ashinoff, MD, dokter kulit di Pusat Medis Universitas Hackensack di New Jersey.

Oleskan pelembap setelah pemakaian toner dan serum pagi dan malam hari sebelum tidur. Pelembap yang baik bersifat oklusif, yakni dapat mengunci kadar air pada kulit sekaligus melembapkan dalam waktu lama.



7. Gunakan Retinol atau Retinoid
7 Cara Ampuh Hilangkan Kerutan Bawah Mata Tanpa ke Klinik KecantikanFoto: Dok. Dirty Lemon


"Jika kulit Anda dapat bertahan dengan kekuatan retinol, itu adalah pilihan terbaik untuk digunakan," kata dokter kulit New York Sejal Shah, MD.

Retinol atau retinoid adalah kata lain dari vitamin A. Produk perawatan kulit mengandung vitamin A dapat merangsang produksi kolagen di kulit dan mempercepat pergantian sel sehingga kulit terlihat lebih muda, sehat dan halus. Tentunya produk ini juga dapat menghilangkan kerutan di bawah mata.

Namun vitamin A berpotensi membuat kulit iritasi karena sifatnya yang mempercepat pergantian sel. Jadi bagi pemula bisa menggunakan vitamin A di atas pelembap. Untuk yang memiliki kulit sensitif sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Simak Video "Proses Membuat Batik Shibori Karya Warga Binaan Rutan Trenggalek"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/agm)