Ladies, Ini Manfaat Pandangi Wajah Cowok Ganteng untuk Otak

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 15 Jun 2019 07:58 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta -

Wanita mana yang tak suka dengan pria berwajah tampan? Meski tak berniat untuk menjadikan pasangan, wajah pria ganteng tentu menyenangkan untuk dilihat bahkan hanya sekilas saja. Melihat cowok ganteng pun ternyata bukan cuma bisa jadi hiburan atau kesempatan cuci mata. Menurut penelitian, hal yang sering jadi hobi para wanita tersebut juga bermanfaat untuk otak.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dilaporkan acara 'Discoveries in Life' di stasiun televisi KBS. Dikatakan jika memandang wajah pria tampan bisa meningkatkan memori. Karenanya, kegiatan yang sepertinya tidak ada manfaat itu bisa saja membuat Anda lebih baik dalam pelajaran dan pekerjaan.

Studi itu pun dilakukan pada sejumlah wanita berusia paruh baya. Bukan rahasia lagi jika semakin tua usia, kemampuan mengingat seseorang menjadi berkurang. Oleh peneliti, para partisipan pun diminta untuk mengingat nama karakter sebanyak mungkin dalam waktu semenit.

Mereka diminta untuk mengingat nama-nama tersebut selagi melihat foto seorang pria tampan. Menurut penelitian, cara tersebut terbukti meningkatkan kesempatan mereka menjawab pertanyaan dengan benar. Dikatakan jika rata-rata para wanita berusia matang tersebut dapat menjawab dua sampai empat pertanyaan dengan lebih baik.

Hasil temuan ini pun dikonfirmasi dengan melihat gelombang otak para partisipan ketika dites. Saat mereka memandangi foto cowok ganteng, gelombang otak mereka tampak lebih aktif dari biasanya. "Melalui eksperimen itu, kami bisa mengonfirmasi aktivasi lobus temporalis yang mana terkait dengan memori," ungkap ketua penelitian.

Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan ahli media lain yang mengaku melihat foto pria tampan memang dapat meningkatkan mood hingga menciptakan efek positif pada otak. Namun ia mengklaim jika hal serupa tidak terjadi pada pria. Saat pria melihat foto wanita cantik, daya ingat mereka tak secara signifikan berkembang. Justru pemandangan cewek cantik bisa mengganggu memori dan fokus karena atensi teralihkan.
(ami/ami)