Bikin Syok, Dokter Ungkap Pernah Tangani Pasien Usia 8 Tahun Ingin Oplas

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Mei 2019 18:42 WIB
Ilustrasi wanita operasi plastik. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita operasi plastik. Foto: Thinkstock

Jakarta - Operasi plastik sudah jadi hal lumrah dilakukan di Korea Selatan, bahkan menjadi salah satu negara dengan tingkat prosedur kecantikan tertinggi di dunia.

Seperti dilansir Koreaboo, satu dari tiga wanita Korea Selatan berusia antara 19 dan 29 tahun pernah melakukan operasi plastik. Tujuan utamanya agar terlihat lebih menarik, ada pula yang percaya dengan mengubah tampilan wajah juga bisa membawa keberuntungan.

Meskipun operasi plastik sudah terbilang umum di Negeri Ginseng, tak sedikit orang yang mengkhawatirkan kondisi tersebut. Banyak prosedur operasi plastik dilakukan, merupakan tanda akan adanya tekanan sosial dan standar kecantikan yang harus dipenuhi para wanita di sana.


Bikin Syok, Dokter Ungkap Pernah Tangani Pasien Usia 8 Tahun Ingin OplasIlustrasi wanita operasi plastik. Foto: Thinkstock

Yang lebih mengkhawatirkan, operasi plastik tak hanya jadi pertimbangan wanita dewasa tapi juga remaja bahkan anak kecil. Hal itu terungkap dalam program televisi tentang operasi plastik.

Program televisi di Korea Selatan itu mewawancarai seorang dokter bedah plastik dan mendapati pengakuan yang mengejutkan. Ia mengungkapkan ada pasien termuda yang pernah ia tangani untuk konsultasi tentang operasi plastik, baru berusia 8 tahun.

"Ibunya ingin dia jadi aktris cilik dan menurutnya akan bagus kalau anaknya punya lipatan kelopak mata," kata dokter tersebut, seperti dikutip dari Koreaboo.

Sang dokter hanya mengatakan kalau ibu dan anaknya tersebut datang untuk berkonsultasi. Namun apakah prosedur itu benar-benar dilakukan belum juga diketahui.

Tapi pengakuan dokter itu membuat ibu dari anak tersebut mendapat kritikan. Netizen menganggap ibunya telah memberinya tekanan berat dengan memintanya operasi plastik lipatan kelopak mata.
Bikin Syok, Dokter Ungkap Pernah Tangani Pasien Usia 8 Tahun Ingin OplasIlustrasi wanita operasi plastik. Foto: iStock


"Jangan pernah memaksa anakmu menjalani operasi plastik hanya karena keserakahanmu," komentar netizen.

"Mendengarnya membuatku sedih. Cintailah anak-anakmu apa adanya," kritik netizen lainnya.

Sementara itu ada pula netizen yang membenarkan prosedur operasi plastik di usia dini, asalkan alasannya sangat penting dan terkait dengan kondisi medis.

"Aku operasi kelopak mata karena bulu mataku saat usiaku 8 atau 9 tahun. Aku operasi plastik tanpa tahu apa itu lipatan kelopak mata," tutur netizen lagi. (hst/hst)