Kaesang Pangarep Ngaku Jerawatan Bernanah, Ini Saran Pakar Kecantikan

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 12 Feb 2019 17:44 WIB
Kaesang Pangarep curhat tentang wajahnya yang rentan berjerawat lewat Twitter. Foto: Instagram/@kaesangp Kaesang Pangarep curhat tentang wajahnya yang rentan berjerawat lewat Twitter. Foto: Instagram/@kaesangp

Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi baru-baru ini curhat tentang kondisi kulitnya di Twitter pribadinya @kaesangp. Kaesang mengaku kondisi kulitnya rentan berjerawat, bahkan dua tahun lalu wajahnya dipenuhi jerawat bernanah.

Kondisi tersebut membuat Kaesang semakin peduli dengan penampilannya. Ia menggunakan sejumlah produk untuk merawat kulitnya. Kaesang pun sempat ke dokter kecantikan, namun jerawatnya tak kunjung hilang.

Menurut dr. Lanny Juniarti, Dpl. AAAM, pendiri dan direktur Miracle Asthetic Clinic, jerawat yang sampai bernanah merupakan tanda sudah terjadi peradangan. Ada banyak faktor yang memengaruhi jerawat.

"Kita harus tahu kenapa orang berjerawat. Menumpuknya sel kulit mati. Bisa juga karena kelenjar minyak berlebihan yang membuat kotoran jadi tersumbat, jadi timbul jerawat," ujar dr. Lanny dalam acara Paradigma Beauty 4.0 di restoran Madame Delima, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

"Karena pada dasarnya wajah kita itu mengandung bakteri kalau kondisinya normal, tidak akan meradang. Kalau kondisinya abnormal dengan berbagai faktor tadi, maka kulit overpopulasi sehingga meradang dan menimbulkan nanah," tambah dr. Lanny.

Dr. Lanny memberikan saran untuk Kaesang dan orang-orang yang mengalami jerawat bernanah seperti pengusaha pisang nugget itu. Menurut pakar kecantikan asal Surabaya tersebut, perawatan harus diawali dari yang dasar yakni mencuci wajah dengan bersih.
Kaesang Pangarep Ngaku Jerawatan Bernanah, Ini Saran Pakar KecantikanFoto: Instagram/@kaesangp
Datang ke klinik kecantikan profesional juga sangat disarankan. Kaesang bisa melakukan perawatan peeling hingga laser.

"Laser dengan panjang gelombang tertentu seperti blue light bisa membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada jerawat. Bisa juga dengan melakukan suntik jerawat untuk menghentikan peradangannya," saran dr. Lanny.

Untuk perawatan di rumah selain cuci wajah yang bersih dengan sabun yang cocok, Kaesang juga bisa menggunakan obat jerawat dan obat minum khusus. Tapi disarankan harus mengunjungi pakar kecantikan terlebih dahulu agar lebih menjamin.
(kik/hst)