Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Operasi Plastik Favorit Orang Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 03 Okt 2018 15:57 WIB
Ilustrasi operasi plastik. (Foto: istock)
Jakarta - Operasi plastik menjadi salah satu pilihan agar penampilan tetap maksimal, terutama di usia yang sudah tak muda lagi. Lantas, operasi plastik apa yang paling diminati orang Indonesia?

Menurut data Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat, bedah plastik rhinoplasty (operasi hidung) merupakan tindakan yang paling banyak dilakukan. Menyusul tindakan blepharoplasty (operasi kelopak mata), breast augmentation (pembesaran payudara) dan liposuction (sedot lemak).

Baca Juga: Ratna Sarumpaet ke Klinik Kecantikan, Ini Kisaran Biaya Operasi Plastik

Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Operasi Plastik Favorit Orang IndonesiaFoto: istock
Hal tersebut dipaparkan oleh Laksmi Achyati, salah satu dokter bedah di RSKB Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat, tahun lalu. Meski demikian, lanjut Laksmi, tren bedah plastik di Indonesia sebenarnya tidak dapat diprediksi dan tergantung dari permintaan pasien. "Itu kan musiman jadinya tidak pasti, suatu ketika lebih banyak yang datang untuk melakukan sedot lemak, nanti dilain musim ada yang operasi hidung atau operasi kelopak mata. Macam-macam ya," jelas Laksmi.

RSKB Bina Estetika belakangan menjadi sorotan karena diduga sebagai tempat aktivis Ratna Sarumpaet melakukan operasi plastik yang mengakibatkan lebam di wajahnya. Sebelumnya, beredar kabar bahwa lebam tersebut akibat tindakan aniaya di Bandung, Jawa Barat, pada 21 September.

Dan baru saja, Ratna Sarumpaet mengakui bahwa dirinya benar melakukan tindakan operasi plastik. "Tanggal 21 saya mendatangi RS khusus bedah, menemui dr Sidiq ahli bedah plastik. Kedatangan saya karena kami sepakat beliau akan menyedot lemak di pipi," kata Ratna dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Operasi hidung juga diminati oleh pasien asal Indonesia di Rumah Sakit Yanhee, Bangkok, Thailand. Tak hanya itu, rumah sakit ini menjadi tempat favorit orang Indonesia untuk melakukan operasi payudara. "Untuk operasi hidung, pasien tidak perlu menginap. Operasi payudara pasien hanya perlu menginap satu malam," jelas Direktur Marketing Internasional Rumah Sakit Yanhee Ismael Naypa saat ditemui Wolipop di RS Yanhee bersama tim dari Tourism Authority of Thailand Mei lalu.

Baca Juga: Deretan Foto Wajah Bengkak Wanita yang Baru Operasi Plastik

Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Operasi Plastik Favorit Orang IndonesiaAktivis Ratna Sarumpaet mengaku melakukan operasi plastik. (Foto: Marlinda-detikcom)


Salah satu tindakan operasi payudara yang sering dilakukan wanita Indonesia di RS Yanhee, adalah dengan membuat sayatan kecil di bagian dekat ketiak untuk memasukkan silikon. Teknik tersebut untuk meminimalisir bekas operasi pada pasien.

Selain dua jenis tersebut ada satu operasi lainnya yang ternyata juga memiliki peminat dari Indonesia, yakni operasi ganti kelamin. Berdasarkan penuturan pegawai RS Yanhee, Suhree Toasi, selama tiga tahun dirinya bekerja di rumah sakit tersebut ada 10 orang dari Indonesia menjalani operasi kelamin. Para pasien itu ditemani oleh Suhree yang memang bekerja di bagian internasional dan piawai berbahasa Indonesia.

Masih dari Thailand, operasi hidung di Masterpiece Hospital pun difavoriti pasien asal Indonesia. "Orang Indonesia yang datang ke kami biasanya meminta operasi hidung dan kelopak mata. Bentuk hidung yang mereka minta biasanya berbeda-beda ya, mereka biasanya bawa foto sebagai patokan," ungkap Juntarus Tithakosol, perwakilan dari Masterpiece Hospital kepada Wolipop.



Soal Ratna Sarumpaet, Atiqah dan Rio Dewanto Ikut Diserbu Netizen, tonton videonya di sini:

(dtg/dtg)