Duh! Wanita Ini Menolak Berhenti Tanning Meski Sudah Kena Kanker Kulit

Hestianingsih - wolipop Kamis, 31 Mei 2018 16:44 WIB
Saah Boyton kecanduan tanning hingga kena kanker kulit. Foto: Dok. Caters News/Daily Mail
Middlesex - Sarah Boyton terobsesi memiliki kulit sawo matang hingga membuatnya kecanduan tanning. Bertahun-tahun, wanita 51 tahun ini hobi berjemur di bawah sinar matahari, ia bahkan punya alat tanning sendiri ketika ingin menggelapkan kulit di rumah.

Kebiasaan Sarah cukup mengkhawatirkan, karena ia menolak memakai tabir surya untuk melindungi kulitnya dari efek merusak sinar UV. Hingga pada Oktober 2016, wanita asal Enfield, Middlesex, Inggris ini, didiagnosa kanker kulit di bagian bawah matanya.

Akibat kanker yang tumbuh di kulit dekat matanya, Sarah harus menjalani operasi sebanyak dua kali. Sayatan operasi pun membekas di kulitnya.
Wanita kecanduan tanning hingga kena kanker kulit. Foto: Dok. Caters News/Daily Mail

Mengidap kanker kulit ternyata tak mengentikan obsesi Sarah untuk terus menggelapkan kulitnya. Ia masih saja hobi mandi matahari agar kulitnya terlihat lebih gelap.

Namun, sekarang ini Sarah lebih peduli terhadap kulitnya dengan memakai krim dengan SPF 50 di wajah, dan SPF 10 pada bagian tubuh lainnya.

"Aku suka berjemur di bawah sinar matahari, rasa hangatnya menyentuh kulitku, aku tahu akutidak seharusnya keluar rumah tapi aku tidak bisa menahan diri. Aku kecanduan memiliki kulit cokelat dan aku baru akan berhenti kalau sudah punya kulit cokelat bersinar alami," tutur Sarah, seperti dikutip dari Daily Mail.

Baca Juga: Kecanduan Tanning, Wanita Ini Lakukan Tanning di 4 Salon Berbeda Dalam Sehari

Wanita pemilik sebuah kafe ini pun tidak kaget ketika didiagnosa ada kanker tumbuh pada kulitnya. Mengingat selama ini ia memang tidak pernah memakai krim tabir surya.

"Dulu aku tidak pernaha pakai krim tabir surya dan aku bahkan punya sunbed di rumahku jadi aku bisa melakukan tanning kapan saja. Sekarang aku sudah pakai tabir surya tapi hanya SPF 10 dan di akhir liburan biasanya aku akan menggantinya dengan minyak," cerita Sarah lagi.
Sarah Boyton kecanduan tanning hingga kena kanker kulit. Foto: Dok. Caters News/Daily Mail

Sarah didiagnosa kanker kulit setelah dokter mendapati adanya noda kecokelatan di sekitar mata bagian bawah. Sebelumnya, Sarah mengira itu hanya noda atau bintik-bintik biasa.

Dokter kulit yang merawat Sarah pun memperingatkannya untuk menghindari berjemur di bawah sinar matahari dan selalu memakai tabir surya dengan SPF tinggi. Namun kecanduan Sarah terhadap tanning membuatnya sulit meninggalkan hobinya itu.

"Aku tidak bisa menahan diri. Aku tahu orang-orang pasti berpikir aku bodoh karena masih saja berjemur matahari tapi itu sudah jadi kecanduan dan aku suka rasanya ketika kulitku menggelap," katanya.

Meskipun tidak bisa menghentikan kebiasaannya berjemur sinar matahari, Sarah tetap mengingatkan teman dan kerabatnya agar berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah.

"Banyak temanku selalu pakai sunbed tapi setelah apa yang aku alami dan melihat bekas lukaku mereka berhenti melakukannya," ujar Sarah. (hst/hst)