Laporan dari Bangkok

Inilah 2 Jenis Operasi Plastik Paling Disukai Orang Indonesia di Thailand

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 06 Mei 2018 10:08 WIB
Foto: Thinkstock
Bangkok - Thailand bukan hanya menjadi destinasi liburan orang Indonesia, tapi juga sebagai tujuan untuk wisata medis. Terbukti setiap tahunnya semakin banyak jumlah orang Indonesia yang melakukan operasi plastik di Negeri Gajah Putih.

Data peningkatan turis Indonesia yang datang ke Thailand untuk menjalani operasi plastik ini diungkapkan oleh Direktur Marketing Internasional Rumah Sakit Yanhee Ismael Naypa. Rumah sakit yang berada di Bangkok, Thailand ini dikenal sebagai salah satu destinasi operasi plastik populer.

"Pada 2010 ada 150 orang Indonesia datang ke rumah sakit kami, jumlahnya terus bertambah. Pada 2013 meningkat hingga 254," ujar dr. Ismael saat ditemui Wolipop di Rumah Sakit Yanhee bersama tim dari Tourism Authority of Thailand., Kamis (4/5/2018).

Baca Juga: Jadi Cantik, Wanita Ini Menyesal Operasi Plastik 30 Kali Demi Pacar

Rumah Sakit Yanhee menjadi pilihan ratusan orang Indonesia untuk merekonstruksi wajah ataupun tubuhnya. Dua tindakan operasi plastik yang difavoritkan oleh orang Indonesia adalah operasi payudara dan hidung.

Inilah 2 Jenis Operasi Plastik Paling Disukai Orang Indonesia di ThailandFoto: Eny Kartikawati/Wolipop
"Untuk operasi hidung, pasien tidak perlu menginap. Operasi payudara pasien hanya perlu menginap satu malam," jelas dr. Ismael lagi.

Operasi payudara yang paling sering dilakukan wanita Indonesia di RS Yanhee dilakukan dengan membuat sayatan kecil di bagian dekat ketiak. Silikon pilihan pasien dimasukkan melalui lubang kecil di dekat ketiak itu oleh ahli bedah di rumah sakit tersebut. Dengan membuat sayatan di dekat ketiak, bekas operasi cenderung tidak terlihat.

Selain dua jenis tersebut ada satu operasi lainnya yang ternyata juga memiliki peminat dari Indonesia yaitu operasi ganti kelamin. Berdasarkan penuturan pegawai RS Yanhee, Suhree Toasi, selama tiga tahun dirinya bekerja di rumah sakit tersebut ada 10 orang dari Indonesia menjalani operasi kelamin. Para pasien itu ditemani oleh Suhree yang memang bekerja di bagian internasional dan piawai berbahasa Indonesia.

Baca Juga: Perjuangan Menyakitkan Wanita Operasi Plastik karena Dibully Mirip Penyihir

Inilah 2 Jenis Operasi Plastik Paling Disukai Orang Indonesia di ThailandFoto: Eny Kartikawati/Wolipop

Warga Indonesia bukan satu-satunya orang asing yang menjadikan RS Yanhee sebagai destinasi untuk tindakan bedah plastik. Menurut data yang dipaparkan dr. Ismael, jumlah pasien operasi plastik yang terbanyak datang dari negara tetangga Thailand, Myanmar. "Pada 2017 ada 3.682 pasien dari Myanmar. Urutan kedua adalah warga UAE (United Arab Emirates) dengan jumlah 3.364," ungkapnya

Warga Myanmar dan United Arab Emirates yang di antaranya adalah Dubai dan Abu Dhabi sama seperti orang Indonesia dalam urusan operasi plastik. Tindakan bedah yang paling menjadi favorit adalah rekonstruksi hidung. Hanya saja untuk orang UAE, berbeda dari mereka yang berasal dari Asia. Jika orang Indonesia dan Myanmar ingin memiliki hidung mancung, warga UAE datang ke RS Yanhee untuk mengecilkan hidung mereka.

Biaya untuk operasi hidung di RS Yanhee ini mulai dari 30 ribu hingga 50 ribu Baht atau sekitar Rp 13 juta sampai 21 juta . Sedangkan untuk operasi payudara, harganya mulai dari 120 ribu hingga 130 ribu Baht atau sekitar Rp 53 juta sampai Rp 57 juta, termasuk biaya menginap satu malam. Kamar penginapan yang tersedia di rumah sakit ini seluruhnya adalah tipe VIP. (eny/ami)