Tren #SideProfileSelfie, Ketika Wanita Ramai-ramai Selfie Pamer Hidung Besar

Alisa Kintan - wolipop Senin, 26 Feb 2018 11:12 WIB
Foto: Twitter Foto: Twitter

Jakarta - Sebagian wanita yang memiliki hidung besar tidak percaya diri ketika fotonya diambil dari berbagai angle. Kebanyakan, wanita berhidung besar hanya mau dipotret dari satu angle, yakni tampak depan.

Padahal kecantikan setiap wanita unik, termasuk mereka yang memiliki hidung besar. Hal itulah yang ingin disampaikan penulis dan jurnalis Radhika Sanghani lewat kampanye #SideProfileSelfie.

Mengutip dari Allure, Radhika Sanghani mencoba mengubah ketidakpercayaan diri para wanita berhidung besar, dengan mendorong mereka mem-posting foto tampak samping di Instagram. Tak lupa, foto tersebut harus diberi tagar #SideProfileSelfie.

Tujuannya Radhika Sanghani satu. Membuktikan bahwa hidung besar sama cantiknya dengan mereka yang memiliki hidung dengan bentuk yang lebih mungil.
Tren #SideProfileSelfie, Ketika Wanita Ramai-ramai Selfie Pamer Hidung BesarFoto: Twitter

"Hidung besar masih menjadi hal tabu di lingkungan masyarakat kita. Sekarang waktunya sudah berubah dan fashion serta kecantikan sudah makin bervariasi sekarang ini daripada sebelum-sebelumnya," tulis Radhika Sanghani salah satu majalah gaya hidup wanita Inggris.

Penulis novel bertajuk 'Virgin' ini juga menyatakan bahwa panggung catwalk sekarang ini sering menampilkan model-model berukuran tubuh besar dan akhirnya sektor hiburan di Hollywood mulai menyadari pentingnya menyelaraskan semua kultur di dunia.

"Dan sekarang sudah bukan hal yang tak biasa lagi melihat model difabel atau kondisi yang unik seperti vitiligo tampil di iklan besar," lanjutnya.

Namun di balik semua itu, menurut Radhika, orang-orang masih sangat tabu dengan penampakan hidung besar. Padahal coba lihat contoh lain seperti stretch marks, selulit, wajah bernoda yang tak diedit atau rambut tubuh, semuanya sudah dianggap sebagai bagian dari kecantikan wanita yang unik dan personal.

"Tapi penampakan hidung masih ditampilkan dengan cara yang aneh. Kita butuh perubahan. Maka dari itu menggunakan tulisan ini untuk meluncurkan #SideProfileSelfie," kata Radhika.
Tren #SideProfileSelfie, Ketika Wanita Ramai-ramai Selfie Pamer Hidung BesarFoto: Twitter

Dia mengaku kampanye ini membantu dirinya lebih percaya diri dengan hidungnya yang besar.

"Hidungku ya hidungku, aku suka apa adanya. Dulu banyak wanita ingin punya hidung Roman (sebutan untuk hidung panjang dan sedikit bengkok di bagian tengah," tulisnya.

Menurut Radhika standar kecantikan saat ini mengacu pada orang-orang dengan hidung kecil dan mancung dibandingkan hidung besar, karena identik dengan imej cantik dan lemah lembut.
Tren #SideProfileSelfie, Ketika Wanita Ramai-ramai Selfie Pamer Hidung BesarFoto: Twitter

Padahal wanita berhidung besar juga punya keistimewaan sendiri. Radhika mengatakan kalau hidung besar mencerminkan wanita kuat, tegar dan tahu apa yang mereka mau.

Sejak membuat kampanye seminggu lalu, postingan dengan tagar #SideProfileSelfie pun membanjiri media sosial. Banyak orang mendukung kampanye ini dengan mem-posting foto selfie hidung mereka. Tidak hanya foto, mereka juga menuliskan pengalaman pribadinya menghadapi ketidakpercayaan diri karena hidung yang besar.

Mereka menyadari kalau sekarang stigma tersebut harus segera hilang dan mereka menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Wow, you go Radhika Sanghani! (hst/hst)