Perawatan Komedo & Jerawat yang Tepat Menurut Dr. Pimple Popper

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 27 Sep 2017 19:13 WIB
Foto: dok. thikstock Foto: dok. thikstock

Jakarta - Dokter kulit Sandra Lee, MD atau yang lebih dikenal dengan Dr. Pimple Popper membagikan cara perawatan komedo dan jerawat. Dalam chanel Youtube-nya, Dr. Pimple Popper terlihat begitu mudah saat mengeluarkan komedo atau pun memencet jerawat.

Konten di Youtube Dr. Pimple Popper semuanya berisi saat sang dokter mengeluarkan komedo dan jerawat. Tak jarang, komedo atau jerawat yang dikeluarkan berukuran tak biasa bahkan jumbo. Tapi apakah memencet jerawat dan komedo bisa dilakukan juga di rumah?

Dr. Sandra Lee tidak menyarankan untuk memencet komedo sendiri. Jika dalam video, Dr. Lee tampak mudah dalam memencet komedo bahkan tak jarang dia merobek kulit pasien. Tapi tentu saja semua hal ekstrem yang dilakukan Dr. Lee dijamin kesterilannya. Sementara jika memencet komedo atau jerawat di rumah, maka mengakibatkan masalah kulit yang makin parah.

Perawatan Komedo
Komedo atau yang juga sering disebut blackheads atau whiteheads memang cukup menganggu penampilan. Blackheads atau komedo yang terlihat titik-titik hitam di kulit berisi keratin atay kulit mati. Blackheads merupakan komedo yang terbuka. Sementara whiteheads adalah komedo tertutup berwarna putih yang biasanya muncul di sekitar hidung dan dagu.

"Saranku, jangan memencetnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan komedo membesar dan malah mengendap di kulit. Perawatannya bisa menggunakan obat topikal (obat oles) atau menggunakan retinol. Perawatan tersebut terkadang bisa mengakibatkan iritasi atau kulit jadi sangat kering," ujar Dr. Lee seperti dikutip dari Byrdie.

Jerawat
"Jerawat terjadi di bawah kulit, terasa sakit dan kadang muncul ke permukaan kulit. Jika jerawat dipencet maka akan terasa sakit dan bengkak. Jika jerawat dipencet maka bisa mengakibatkan luka permanen. Untuk itu aku tidak menyarankan untuk memencetnya sendiri di rumah," kata Dr. Lee.

Dr. Lee menyarankan untuk menggunakan krim antibiotik oles. Biasanya krim tersebut mengandung bonziol peroksida yang dapat mematikan pertumbuhan bakteri.
(kik/kik)