Tips Mensterilkan Kembali Lipstik Bekas Pakai yang Dibeli dari Online Shop

Hestianingsih - wolipop Jumat, 12 Mei 2017 11:25 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Membeli kosmetik bekas, atau kini istilah populernya pre-loved menjadi salah satu alternatif berbelanja hemat. Kosmetik bekas pakai biasanya dijual dengan harga jauh lebih murah dengan kondisi masih bagus atau layak pakai.

Namun karena bekas dipakai orang lain, kebersihan dan sanitasi biasanya menjadi kekhawatiran tersendiri saat membeli kosmetik pre-loved. Penyebaran bakteri maupun kuman penyakit bisa saja terjadi pada kosmetik yang digunakan sembarangan dan tak dirawat dengan baik. Akibatnya bisa infeksi, iritasi hingga memicu reaksi alergi.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, tidak semua jenis produk kosmetik aman dikonsumsi dalam keadaan bekas pakai. Olivia Lautner, Country Manager Carousell Indonesia berbagi tips tentang memilih produk kecantikan bekas pakai yang cenderung aman untuk dibeli.

Pertama adalah produk-produk yang dikemas dalam tabung, semprotan atau kontainer dengan pump/pompa, atau lubang yang kecil untuk mengeluarkan isi produk. Kedua cat kuku dan ketiga lipstik, asalkan kebersihannya dijaga selama pemakaian.

Umumnya produk yang dikemas dalam tabung dan semprotan memiliki pompa atau lubang kecil cenderung lebih aman dari perpindahan bakteri ketimbang produk dalam kemasan jar yang melibatkan sentuhan jari langsung. Cat kuku juga terbilang aman, karena dalam pengaplikasiannya menggunakan kuas yang tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Sementara untuk lipstik atau produk rias bibir bekas pakai, meskipun terbilang aman Anda tetap harus berhati-hati sebelum menggunakannya. Perona bibir seperti lipstik, lip gloss, lip balm atau lip cream bekas pakai tentu sudah pernah digunakan pemiliki sebelumnya dan terpapar sentuhan daerah mulut.

Lipstik pre-loved atau bekas pakai bisa dibersihkan kembali sehingga menjadi seperti baru dengan langkah-langkah berikut yang dipaparkan oleh Olivia:

1. Kikis permukaan teratas lipstik dengan pisau kecil bersih. Pastikan alat yang Anda gunakan untuk memotong sebagian lipstik tidak berkarat.

2. Celupkan seluruh bagian lipstik ke dalam cairan alkohol 70 persen. Cara ini akan membunuh kuman maupun bakteri yang mungkin menetap di permukaan lipstik.

3. Simpan dalam freezer semalaman untuk memastikan bakteri benar-benar mati.

4. Keluarkan dari kulkas keesokan harinya, biarkan kering dalam suhu ruangan. Lipstik sudah bisa digunakan seperti biasa. (hst/hst)