Wanita Habiskan Rp 2,6 M untuk Pakai Makeup dan Skincare Sepanjang Hidupnya

Rista Adityaputry - wolipop Jumat, 31 Mar 2017 12:05 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Makeup dan perawatan wajah adalah dua hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kaum wanita. Jarang ditemukan wanita yang tidak pernah memakai makeup atau skincare ketika keluar rumah. Minimal, mereka menggunakan perawatan wajah dan kosmetik dasar, seperti sabun wajah, moisturizer, bedak, atau lipstik.

Guna mendapatkan kesehatan kulit yang diinginkan, wanita rela merogoh kocek lebih dalam untuk menggunakan produk atau perawatan wajah yang berkualitas. Belum lagi makeup yang mampu menambah kepercayaan diri seorang wanita. Ada juga yang rela membeli beberapa kosmetik mahal untuk merasakan kualitas yang berbeda.

Foto: Thinkstock

Tahukah Anda, bahwa wanita bisa menghabiskan banyak uang hanya untuk makeup dan perawatan kulit jika dihitung secara keseluruhan? Skinstore, sebuah retailer produk perawatan wajah dan kosmetik asal Amerika Serikat, baru-baru ini melakukan survei terhadap 3.000 wanita berusia 16-75 tahun mengenai perawatan kecantikan sehari-hari berikut berapa saja harga produk yang mereka miliki.

Hasil survei tersebut ternyata cukup mengejutkan, rata-rata total nilai produk perawatan wajah dan kosmetik kesehariannya adalah US$ 8 atau sekitar Rp 100.000 dengan menggunakan hingga 16 produk di wajah mereka. Itu sama saja dengan menggunakan produk makeup dan skincare seharga hampir US$ 250 atau sekitar 3 jutaan sebulan, dan US$ 200 ribu atau Rp 2,6 miliar sepanjang hidup mereka.
Foto: Thinkstock

Memang tidak mengherankan mengingat perawatan wajah dan penggunaan kosmetik membutuhkan langkah-langkah tertentu dan keduanya bersifat dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan budaya di masyarakat. Jika Anda mengingat-ingat kembali apa saja yang dipakai selama hidup Anda, mungkin Anda akan merasa bahwa ini cukup masuk akal. Apalagi, semakin wanita sadar akan kebutuhan perawatannya, bujet yang disiapkan biasanya juga akan semakin banyak.

Lalu, apa saja 16 produk yang mungkin diaplikasikan oleh mayoritas kaum wanita? Skinstore menunjukkan beberapa produk perawatan wajah yang kerap digunakan oleh kaum wanita, mulai dari sabun wajah, toner, serum, krim mata, moisturizer, dan primer.
Foto: Dok. Temptalia

Untuk makeup, Skinstore memasukkan jumlah lebih banyak dari skincare, yaitu concealer, foundation, bronzer, blusher, eyeshadow, eyeliner, maskara, produk eyebrow, highlighter, hingga lipstik. Serangkaian produk kosmetik di atas mungkin memang tidak Anda pakai sehai-hari, namun biasanya wanita tetap memiliki beberapa produk tambahan untuk dipakai di acara-acara tertentu.

Tidak hanya merilis fakta mengenai serangkaian produk skincare dan makeup kaum wanita, Skinstore juga menyebutkan beberapa produk paling populer berdasarkan perkembangan dunia kecantikan saat ini. Dua diantaranya foundation atau BB cream, dan lipstik warna nude yang kini lebih dipilih oleh para wanita sebagai pengganti lipstik merah. Highlighter dan produk eyebrow juga dilaporkan semakin meningkat jumlah pemakaiannya. (hst/hst)