Di Bengkel Khusus Wanita Ini, Bisa Servis Mobil Sekaligus Manicure & Pedicure

Rista Adityaputry - wolipop Kamis, 30 Mar 2017 17:09 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Dunia otomotif dan permesinan biasanya lebih didominasi oleh kaum pria. Tidak heran kalau kebanyakan bengkel selalu dipenuhi oleh para pria yang ingin menyervis mobilnya maupun yang menjadi mekanik.

Jika Anda pemilik mobil, pasti Anda tahu jadwal ganti oli, servis, dan perawatan mobil lain yang harus Anda lakukan. Perawatan mobil yang tentu saja dilakukan di bengkel itu lebih sering membosankan daripada menyenangkan bagi sebagian besar wanita. Terkadang mereka lebih memilih pergi ke tempat lain daripada menunggu mobil selesai diservis di bengkel. Namun, sepertinya bengkel yang satu ini akan mengubah pemikiran wanita tentang bengkel yang membosankan. Bagaimana tidak? Bengkel itu tidak hanya memanjakan mobil yang Anda miliki, tetapi juga akan memanjakan Anda dengan layanan salonnya yang lengkap, dari manicure hingga blow rambut.

Bengkel bernama Girls Auto Clinic (GAC) ini adalah bengkel pertama di Philadelphia, Amerika Serikat yang juga menyediakan salon agar para wanita bisa mengisi waktu dengan mempercantik diri sambil menunggu mobil selesai diservis. Patrice Banks, pendiri GAC, awalnya memiliki ide membuka bengkel mobil khusus wanita karena ia sudah muak dengan perlakuan para mekanik pria yang mayoritas meremehkan wanita saat menyervis mobilnya di bengkel. Ia juga merasa bahwa menunggu mobil selesai diservis itu sangat membosankan.

Di Bengkel Khusus Wanita Ini, Bisa Servis Mobil Sekaligus Manicure & PedicureFoto: Instagram


Dengan niat yang membara, Patrice keluar dari pekerjaannya sebagai insinyur dan mengambil sekolah teknologi otomotif. Setelah lulus, ia membuka tempat khusus untuk melatih para wanita agar lebih 'melek' dunia permesinan. Akhirnya, berdirilah bengkel GAC pada Januari 2013, yang digawangi oleh para mekanik wanita dan ditujukan untuk para wanita pula.

Di Bengkel Khusus Wanita Ini, Bisa Servis Mobil Sekaligus Manicure & PedicureFoto: Instagram


Tujuan dari didirikannya bengkel wanita ini bukan hanya untuk memberikan pelayanan yang ramah pada pelanggan wanita, tetapi juga sekaligus mengedukasi mereka mengenai pemeliharaan yang perlu dilakukan oleh mobil mereka. Selain menyervis mobil, Patrice juga menyempatkan diri membuka berbagai kelas workshop mengenai dunia permesinan di waktu senggangnya.

Di Bengkel Khusus Wanita Ini, Bisa Servis Mobil Sekaligus Manicure & PedicureFoto: Instagram


Dua tahun membuka bengkel, Patrice kemudian ingin mencari bangunan baru di mana ia juga bisa membuka salon supaya para pelanggan tidak kebosanan menunggu. Pada Desember 2016 ia kemudian membuka secara resmi salon Clutch Beauty Bar yang menyediakan perawatan manicure, pedicure, blow out. Salon berlogo sepatu merah dengan hak stiletto itulah yang kemudian semakin meningkatkan jumlah peminat yang ingin merasakan servis mobil khusus wanita itu.
Lalu apakah hanya wanita yang bisa bekerja di bengkel tersebut? Ternyata tidak hanya wanita yang melamar di bengkel itu, pria juga ikut melamar dan diwawancara untuk bekerja di sana. Namun, Patrice mengaku bahwa hanya suatu kebetulan kalau ternyata banyak wanita yang memiliki kualifikasi terbaik dan visi serta misi yang sama dengan yang dimiliki oleh GAC dan Clutch Beauty Bar.

"Kami bukanlah perusahaan otomotif, kami adalah perusahaan pemberdayaan perempuan," kata Patrice dalam wawancaranya dengan Racked pada Maret 2017.

(eny/eny)