Trik Makeup Menutupi Stretchmark dalam Waktu Singkat

Rista Adityaputry - wolipop Jumat, 17 Mar 2017 10:27 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Masalah kulit yang cukup umum dialami wanita ini memang sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Adalah stretchmark, yang kerap menjadi sumber masalah para wanita yang tidak percaya diri bila ingin mengenakan rok mini, celana pendek, crop tees, hingga sleeveless tees.

Tidak perlu malu jika Anda memiliki stretchmark di area tertentu. Stretchmark memang tidak bisa dihilangkan secara total. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin melakukan perawatan. Bagaimana kalau Anda terlalu sibuk dan ingin segera mengenakan koleksi crop top terbaru atau liburan di pantai dengan pakaian renang? Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah menutupinya dengan makeup, yaitu concealer.

Tidak hanya menutupi kekurangan di wajah, concealer juga bisa digunakan untuk menyamarkan stretchmark di bagian tubuh Anda. Namun, diperlukan langkah yang ekstra hati-hati untuk melakukannya karena salah sedikit saja mungkin bisa menyebabkan kulit terlihat belang. Latihan pun tentu diperlukan agar Anda bisa dengan cepat mengaplikasikan trik ini. Min Min Ma, makeup artist dari Honey Artists berbagi pada Allure tentang trik cepat menutupi stretchmark dengan makeup.

Foto: Thinkstock

Langkah 1: Pelembap
Mengoleskan pelembap adalah langkah penting untuk memulai sebuah riasan. Selain untuk memastikan bahwa concealer benar-benar menempel, pelembap juga bisa membuat Anda tidak kelebihan menggunakan concealer karena jadi lebih mudah dibaurkan. Menurut Ma, waktu terbaik menggunakan pelembap adalah beberapa saat setelah Anda selesai mandi, di mana air belum sepenuhnya kering di tubuh Anda.

Langkah 2: Concealer
Pemeran utama dalam trik ini harus dipilih dengan baik. Selain warna yang tepat, kandungan harus diperhatikan. Pilih concealer berformula bebas minyak yang memiliki coverage penuh atau medium. Aplikasikan dengan kuas khusus concealer yang kecil sehingga bisa menutupi stretchmark secara sempurna.

Langkah 3: Pengaplikasian
Mungkin sedikit sulit, namun untuk para pemula, diperlukan kesabaran karena harus mengaplikasikan sedikit concealer dengan perlahan. Baur dengan jari agar terlihat lebih alami. Ulangi jika Anda perlu coverage yang lebih tebal.
Foto: Thinkstock

Langkah 4: Setting
Tahap terakhir adalah memastikan concealer tidak luntur dan tahan lama. Sama seperti riasan wajah, Anda bisa menggunakan setting powder atau setting spray. Pastikan kualitas produk yang dipakai sudah terbukti kualitasnya.

Jadikan trik di atas sebagai opsi terakhir saat Anda benar-benar perlu menutupi stretchmark untuk menyempurnakan penampilan. Perlu diingat untuk selalu melakukan perawatan sehingga tampilan stretchmark bisa berkurang atau setidaknya tersamarkan. (hst/hst)