7 Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Beli Kosmetik High-End

Rista Adityaputry - wolipop Minggu, 05 Mar 2017 09:16 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Tidak sedikit wanita mengalami dilema saat membeli makeup atau produk kecantikan. Terutama ketika ingin mencoba produk dari brand kecantikan high-end dengan harga cukup tinggi. Tidak jarang ketika produk telah dibeli, justru tidak cocok dengan jenis kulit atau sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkannya. Maka dari itu, ada baiknya Anda memikirkan secara matang ketika keinginan untuk membeli produk high-end muncul. Apakah memang harus membeli atau tidak?

Seperti dikutip dari Teen Vogue, ini tujuh hal penting yang harus dipikirkan sebelum memutuskan membeli kosmetik high-end:

1. Cari Testimoni di Internet

Foto: Thinkstock

Sebelum membeli, cari testimoni sebanyak-banyaknya tentang info produk tersebut. Cari dari sumber yang dipercaya, misalnya dari beauty blogger terkenal atau makeup artist favorit. Apakah kelebihan makeup yang diinginkan benar-benar sepadan dengan harga yang ditawarkan? Kalau kamu masih ragu, buat daftar apa saja yang Anda inginkan dari makeup yang dicari, misalnya apakah itu tahan lama, waterproof, atau mudah dibaurkan dengan warna kulit. Setelah itu pastikan makeup yang akan dibeli memiliki poin-poin yang Anda inginkan.

2. Klaim Produk yang Sesuai
Foto: ist

Terkadang ada produk yang mengklaim dapat bertahan hingga sekian jam, waterproof, dan berbagai klaim lainnya. Ketika berkesempatan untuk mencoba sampel, cobalah! Biarkan selama beberapa menit hingga jam (jika ada waktu untuk kembali berbelanja) untuk membuktikan klaim yang dikatakan oleh produk tersebut. Kemudian ada juga beberapa merek makeup yang menggunakan kemasan tertutup dan bisa membuat beberapa orang tertipu. Ada yang isinya sedikit tapi ukuran kemasannya terlihat besar. Ini akan membuat isi produk cepat habis dan Anda harus merogoh saku lebih dalam untuk membeli yang baru. Pastikan dulu bagaimana isi sebenarnya dari makeup yang akan dibeli dan jangan hanya mempercayai dari ukurannya saja.

3. Manfaatkan Diskon
Foto: Thinkstock

Sejumlah brand kosmetik high-end biasanya mengadakan program diskon pada periode-periode tertentu. Dengan adanya diskon tentu bisa lebih menghemat pengeluaran Anda. Cari tahu informasi tentang diskon dari website, flyer atau Anda bisa menanyakannya langsung ke staf penjual.

4. Frekuensi Penggunaan Produk
Foto: Thinkstock

Kalau Anda jarang pergi ke acara-acara formal atau bukan seorang performer di atas panggung, mungkin foundation harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah kurang begitu bermanfaat. Teruslah meyakinkan diri apakah Anda benar-benar membutuhkan produk tersebut? Produk makeup yang high-end akan sia-sia saja jika tidak Anda gunakan sampai habis. Daripada nantinya hanya menjadi pajangan di meja rias, lebih baik pastikan dulu kebutuhan akan produk tersebut.

5. Kebutuhan Utama
Foto: MAC

Jenis kulit setiap orang bisa berbeda-beda dan seringkali, kulit hanya cocok dengan produk tertentu. Jika kulit Anda memang sesuai dengan produk dari brand high-end, maka membelinya secara rutin bisa dipertimbangkan. Membeli produk high-end bisa menguntungkan untuk investasi kulit jangka panjang jika memang produk tersebut memang bekerja dengan maksimal.

6. Produk Sama yang Lebih Murah
Foto: Thinkstock

Meskipun banyak wanita yang mencintai produk-produk drugstore yang lebih murah, terkadang memang lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas. Jadi, bandingkan hasil dari kedua produk jenis sama dengan harga yang berbeda. Setelah itu lihat harga mana yang dapat memberikan hasil lebih baik.

7. Perasaan Saat Menggunakan Produk
Foto: Thinkstock

Mungkin terdengar sepele, namun bagaimana perasaan ketika Anda menggunakan produk tersebut ternyata cukup penting. Apakah dengan menggunakan produk tersebut Anda akan merasa lebih percaya diri? Apakah penampilanjuga terlihat lebih baik? Kalau ya, silakan berinvestasi produk kosmetik high-end dengan kualitas tinggi. (hst/hst)