Lipstik Dijadikan Sebagai Blush On Atau Eyeshadow, Amankah?

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 20 Feb 2017 09:16 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Belakangan ini banyak produk lipstik multifungsi bermunculan. Lipstik digunakan tak hanya di bibir, tapi juga bisa sebagai eyeshadow dan blush on. Pertanyaannya adalah, apakah aman produk bibir dipakai sebagai pengganti makeup lainnya?

Menurut orang 'di balik layar' pembuatan kosmetik, Erlangga Rahman selaku Digital Communications Manager untuk Estee Lauder Indonesia, lipstik multifungsi tersebut merupakan tren dan kerap dijadikan sebagai strategi marketing. Soal keamanan, menurut pria yang telah berkecimpung di dunia kosmetik selama lebih dari tujuh tahun itu, tak perlu dikhawatirkan.

"Produk lipstik sudah dirancang seaman mungkin yang aman untuk tertelan sehingga ketika dipakai sebagai eyeshadow atau blush on pasti lebih aman," ujarnya baru baru ini saat berbincang dengan Wolipop di Kuningan, Jakarta Selatan.

Ditekankan oleh Erlanga, meski aman tapi tetap harus merawat dan membersihkan kulit wajah setelah menggunakan lipstik untuk kulit wajah. Sama seperti makeup yang lainnya, jika tidak dibersihkan maka bisa timbul masalah di kulit seperti jerawat.

Jika lipstik aman digunakan sebagai eyeshadow dan pengganti Blush on, lain halnya dengan eyeshadow yang dipakai di bibir. Menurut mantan manager produk di sebuah perusahaan kosmetik Amerika ternama itu, bisa berbahaya.

"Eyeshadow memiliki formula yang beda dengan lipstik. Bubuknya kalau tertelan bisa bahaya, masuk ke pencernaan bisa menimbulkan masalah kesehatan," jelasnya. (kik/kik)