Laporan dari Penang

Keunggulan Cushion dari 5 Brand Korea Favorit & Tips Aplikasinya

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 19 Nov 2016 10:30 WIB
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Alas bedak dengan konsep cushion memang bisa mempermudah dan mempercepat rutinitas merias wajah. Apalagi kosmetik itu juga punya fungsi perawatan sehingga baik dikenakan di keseharian. Produk yang dipopulerkan brand Korea ini pun kini banyak ditawarkan sejumlah merek kecantikan Eropa dan Amerika.

Meski banyak diadaptasi, cushion keluaran brand Korea masih tetap paling diminati terlebih oleh para wanita Asia. Berikut adalah cushion favorit dari lima brand di bawah grup Amorepacific berserta perbedaan keunggulannya yang terungkap dalam acara 'Cushion: Unpacked'.

1. Sulwhasoo
Keunggulan <i>Cushion</i> dari 5 <i>Brand</i> Korea Favorit & Tips AplikasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Sulwhasoo merupakan salah satu merek premium Amorepacific. Brand tersebut menawarkan dua jenis cushion untuk tampilan yang muda dan bersinar. Yakni Perfecting Cushion yang menawarkan coverage maksimal dan Perfecting Cushion Brightening untuk mencerahkan. Menurut Vivi Ahn selaku pakar makeup Amorepacific, teknik dabbing adalah cara terbaik mengaplikasikannya.

"Teknik dabbing baik untuk menonjolkan kesan bersinar yang natural. Caranya adalah dengan melipat puff supaya bisa menjangkau area-area tertentu dan teksturnya mulus. Pakai lebih banyak di area yang ingin dicerahnya, seperti sekitar mata, hidung, dan dagu," kata Vivi di Shangri-La's Rasa Sayang Spa & Resort, Penang, Malaysia, Kamis, (17/11/2016).

2. Laneige

Keunggulan <i>Cushion</i> dari 5 <i>Brand</i> Korea Favorit & Tips AplikasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
BB Cushion dari Laneige cukup difavoritkan di kalangan pecinta makeup. Merek dengan brand ambassador Song Hye Kyo ini menawarkan cushion dengan tampilan dewy dan mineral yang delapan kali lebih banyak. Laneige juga disukai karena menawarkan warna yang lebih variatif untuk wanita Asia. Adapun fitur 3D sponge yang membuat spons lebih elastis dan bisa mengontrol banyaknya produk.

"Gunakan dengan menepuk secara pelan untuk menciptakan tampilan dewy. Kamu bisa touch up lagi di diamond zone (t-zone) supaya lebih cerah. Untuk mengontrol pori-pori, pakai bedak no-sebum agar tampil lebih matte. Sedangkan untuk kamu yang ingin tampil lebih muda, aplikasikan lebih banyak di peach zone untuk menambah volume di bagian pipi dan dahi," ungkap Vivi.

3. Mamode

Keunggulan <i>Cushion</i> dari 5 <i>Brand</i> Korea Favorit & Tips AplikasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Bagi Anda yang punya masalah dengan noda jerawat atau warna kulit tidak merata, mungkin menginginkan cushion yang bisa menutupinya. Cover Powder dari Mamonde dapat jadi pilihan karena hadir dengan lebih banyak kandungan concealer dan bedak. Item ini menawarkan hasil akhirnya semi-matte.

"Teknik pertama adalah dengan memakai di beberapa titik penting (dahi, pipi, dagu) kemudian tepuk-tepuk untuk meratakannya. Teknik kedua adalah dengan melipat puff untuk menjangkau daerah yang sulit (sisi hidung) dan hasil yang lebih flawless. Biasanya alas bedak dengan kandungan concealer sering menggelapkan wajah, cushion ini punya efek 12 jam tanpa menggelap," tambahnya.

4. Innisfree
Keunggulan <i>Cushion</i> dari 5 <i>Brand</i> Korea Favorit & Tips AplikasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Innisfree dikenal akan bahan-bahan alami yang terinspirasi dari Pulau Jeju. My Cushion yang ditawarkannya pun hadir dengan 4 tipe dengan 100 tipe wadah. Produk itu juga bisa menutupi ketidaksempurnaan kulit dan tahan lama.

"Lakukan teknik sweep (menyapu) untuk menciptakan tekstur yang smooth. Bisa juga teknik menepuk dengan menekan pelan-pelan, lalu sekali lagi di area yang penting (dahi, hidung, pipi, dagu). Ketika cuaca sedang panas, gunakan no sebum powder. Kalau ingin tampilan matte, pakai bedak itu dengan gerakan memutar," saran Vivi.

5. Etude House

Keunggulan <i>Cushion</i> dari 5 <i>Brand</i> Korea Favorit & Tips AplikasinyaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Merek yang cukup populer di Indonesia ini punya Makeup Base Cushion sebagai primer dan memperbaiki warna kulit dan Precious Mineral any Cushion sebagai alas bedaknya. Jika digunakan secara bersamaan, dua produk itu akan menghasilkan tampil cerah dan bersinar.

"Setelah digunakan, aplikasikan cushion lagi di area yang ingin dicerahkan. Kalau mau lebih dewy, semprotkan face mist di puff," tuturnya. (ami/dng)