Double Cleanse, Cara Membersihkan Sisa Makeup untuk Wajah Berjerawat

Intan Kemala Sari - wolipop Sabtu, 08 Okt 2016 10:17 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Merias wajah saat berjerawat memerlukan perhatian khusus, terlebih lagi saat membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup. Salah-salah, residu makeup masih menempel di wajah sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Makeup artist Archangela Chelsea menuturkan, bagi pemilik wajah berjerawat, membersihkan wajah dengan metode double cleansing bisa menjadi salah satu cara efektif agar jerawat tidak muncul lebih banyak. Double cleansing adalah membersihkan wajah dengan dua tahapan, yakni dengan menggunakan cleansing oil atau makeup remover dan sabun muka.

"Kalau aku biasanya double cleansing, pertama bersihkan wajah pakai makeup remover untuk kulit sensitif, terus pakai cleanser yang foam atau gel untuk bersihin makeupnya," tuturnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (4/10/2016).

Dr Susan Mayou, dermatologist di London's Cadogan Cosmetics Clinic menuturkan, banyak makeup yang kini diformulasikan agar lebih menempel dan tahan lama. Sehingga diperlukan double cleansing untuk membersihkan wajah seluruhnya dari sisa-sisa makeup.

"Dalam double cleansing, pembersihan pertama menghapus makeup dan bakteri yang ada di dalam wajah. Sedangkan pembersihkan kedua membersihkan wajah lebih dalam dan membersihkan sisa-sisa makeup remover yang masih menempel," tutur dr. Susan seperti dikutip dari Daily Mail.

Namun jika wajah Anda cenderung sensitif dan berjerawat, ahli facial asal Inggris Kate Kerr menyarankan untuk menghindari pembersih wajah yang mengandung minyak. Ia merekomendasikan untuk menggunakan makeup remover untuk menghapus maskara dan eyeshadow, kemudian gunakan cleansing milk pada seluruh wajah dan hapus dengan kapas.

"Setelah itu Anda bisa gunakan handuk muka untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang masih menempel. Setelah bersihkan wajah dengan handuk muka sebaiknya tetap bilas wajah Anda dan pastikan tidak ada kotoran yang tersisa," tutur Kate.

Ia melanjutkan, dalam membersihkan wajah dengan sabun pun sebaiknya hindari yang memiliki microbeeds atau partikel butiran halus. Hal itu dapat membuat wajah menjadi kemerahan dan iritasi serta butirannya dapat masuk menyumbat pori-pori jika tidak dibersihkan dengan benar.
(int/hst)