Foto: Berapa Lama Usia Kosmetik Sebelum Kedaluwarsa?

Hestianingsih - wolipop Selasa, 30 Agu 2016 10:34 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Berapa banyak dari Anda para wanita yang suka menyimpan peralatan makeup hingga kedaluwarsa? Tak sedikit wanita yang masih menyimpan, bahkan memakai produk kosmetik yang seharusnya sudah habis masa pakai.

Menggunakan produk yang telah kedaluwarsa bisa menimbulkan berbagai gangguan baik bagi kesehatan kulit maupun secara keseluruhan. Mulai dari iritasi kulit hingga infeksi virus dan bakteri. Secara umum, kualitas dari suatu produk akan berkurang seiring dengan bertambhnya waktu. Ketika kemasannya dibuka, bahan-bahan di dalam produk akan mulai terurai dan teksturnya menjadi tidak sebagus saat pertama kali dibeli.

Produk yang telah rusak bisa memengaruhi kondisi kulit, karena bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam produk dan menyebabkan iritasi. Anda pun perlu tahu berapa lama daya pakai masing-masing kosmetik agar terhindar dari masalah kulit. Paula Begoun, pendiri brand kecantikan Paula's Choice memberikan beberapa acuannya, seperti dikutip dari News.com.au:

1. Maskara

Jika digunakan setiap hari, maskara masih bagus dan aman digunakan selama tiga bulan. Tapi jika jarang dipakai, maskara bisa bertahan hingga enam bulan, atau selama tekstur dan baunya tidak berubah.

2. Foundation

Daya pakai alas bedak atau foundation bisa bervariasi, tergantung jenisnya. Foundation cair bisa bertahan selama 12 bulan sejak kemasannya dibuka. Sedangkan foundation krim masih bagus dipakai hingga satu tahun. Alas bedak dalam bentuk bubuk, bisa bertahan sampai lima tahun.

3. Cat Kuku

Cat kuku bisa dipakai selama dua tahun. Tapi Anda perlu membuang atau menggantinya dengan yang baru jika formulanya sudah terlihat terpisah antara pigmen warna dan pencampurnya.

4. Parfum

Jika disimpan di tempat sejuk, dan dalam ruangan yang jauh dari panas dan cahaya matahari, parfum aman digunakan hingga dua tahun. Tapi sebaiknya jangan dipakai lagi apabila aromanya sudah berubah drastis.

5. Lipstik

Sebagian besar lipstik bisa bertahan hingga beberapa tahun setelah kemasannya dibuka. Lebih dari dua tahun, sebaiknya tidak digunakan lagi karena kemungkinan sudah terpapar bakteri.

6. Bedak, Eyeshadow dan Blush-on

Produk-produk bertekstur bubuk aman digunakan selama 2-5 tahun. Tapi jika Anda memakainya menggunakan spons basah, produk akan menjadi lembap dan umumnya hanya bertahan sampai enam bulan. (hst/hst)