ADVERTISEMENT

Micellar Water, Bisakah Menjadi Pengganti Sabun Pembersih dan Toner?

Hestianingsih - wolipop Kamis, 28 Jul 2016 18:23 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pembersih wajah berbasis air kini menjadi salah satu 'primadona' dalam perawatan kulit, menggeser cleansing oil yang beberapa waktu lalu sempat booming di dunia kecantikan. Beauty item bernama micellar water ini disebut-sebut sebagai 'produk ajaib' karena bisa membersihkan wajah dari makeup maupun kotoran dalam sekali usap.

Dibandingkan pembersih berbasis alkohol, micellar water terbilang lebih aman karena tidak mengikis pelembap alami dari permukaan kulit. Micellar water juga disebut-sebut punya efek melembapkan.

Tapi apakah micellar water benar-benar efektif membersihkan wajah? Apa bahan yang terkandung di dalamnya sehingga efektif membersihkan wajah secara tuntas namun tetap lembut di wajah?

Bagi Anda penggemar micellar water atau baru mau mencoba produk tersebut, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja komponennya. Dijelaskan dermatologist Mike Swann, M.D., dari Swann Dermatology, micellar water difavoritkan karena merupakan pembersih makeup sekaligus wajah yang mudah dipakai dan lembut bagi kulit.

"Micellar water adalah air dengan micelle, yakni partikel minyak berukuran mikroskopis (ultra kecil) yang disatukan ke dalam air. Micelle akan berfungsi sebagai pembersih ketika bereaksi dengan benda-benda seperti kotoran dan makeup, lalu tercuci karena mereka berada di dalam air," terang Mike, seperti dilansir Women's Health.

Baca Juga: 50 Inspirasi OOTD Hijabers Dunia

Partikel micelle yang tertinggal akan melembapkan kulit, itulah sebabnya kulit terasa sangat lembap dan lembut setelah menggunakan micellar water. Wajah bersih dan kulit jadi lembap tanpa rasa berminyak, tapi apakah micellar water bisa menggantikan pembersih konvensional seperti facial foam atau makeup remover?

Jika kulit Anda cenderung kering atau sensitif, micellar water bisa menjadi solusi yang praktis. Selain itu formula pada produk micellar water biasanya lebih simpel sehingga cenderung aman.

"Menurut saya waktu paling tepat untuk memakai micellar water ketika Anda sedang bepergian, baik itu traveling atau pergi ke gym saat Anda ingin barang bawaan lebih ringan," kata dermatologist Hadley King, M.D.

Namun sebaiknya micellar water tidak dijadikan satu-satunya pembersih tunggal tanpa diikuti 'ritual' lainnya. Terutama bagi Anda yang memiliki wajah berminyak atau mudah berjerawat.

Micellar water sebaiknya dijadikan bagian dari tahapan pembersihan wajah untuk memastikan kulit benar-benar bebas dari makeup, minyak serta kotoran. Anda bisa menggunakan micellar water sebagai pengganti makeup remover, kemudian dilanjutkan dengan facial foam. Setelah sabun dibilas dan wajah dikeringkan, lanjutkan memakai toner. (hst/hst)