Peneliti Ciptakan Kulit Kedua untuk Samarkan Keriput & Kantung Mata

Intan Kemala Sari - wolipop Selasa, 10 Mei 2016 16:10 WIB
Foto: ist.
Jakarta - Garis halus dan keriput pada wajah adalah salah satu 'musuh' para wanita. Untuk menghindarinya, banyak orang mengaplikasikan berbagai produk perawatan sejak muda. Tak sedikit pula yang menerapkan tindakan kecantikan demi tetap terlihat cantik saat usia matang.

Untungnya, perkembangan teknologi di masa depan akan mempermudah rutinias kecantikan para wanita. Sebuah inovasi untuk menyamarkan kerutan bahkan sudah dihadirkan oleh para peneliti di Universitas Harvard dan M.I.T. Dilansir New York Times, mereka telah menciptakan selaput seperti kulit kedua untuk menutupi tanda-tandan penuaan. Item tersebut pun sudah terbukti berhasil memperhalus tampilan garis halus dan juga kantung pada bagian mata.

Lapisan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang dianggap aman oleh Food and Drug Administration. Selaput tersebut diciptakan dari polimer yang direntang sehingga terlihat seperti cairan bening. Selain itu, para peneliti juga sudah melakukan pengujian akan tidak adanya iritasi atau reaksi alergi. Cukup menjanjikan, bukan?

Dari pada mengaplikasi berbagai produk perawatan dan tindakan kecantikan, pemakaian kulit kedua ini tentu akan lebih praktis. Temuan itu bahkan dikatakan punya beberapa kegunaan lain. Anda bisa merendam kulit kedua tersebut dalam tabir surya untuk melindungi kulit tanpa harus khawatir terhapus keringat dan air. Para peneliti juga mengantisipasi bahwa selaput itu dapat digunakan sebagai obat eksim, psoriasis, dan kondisi kulit lain.

Riset ini didanai oleh brand Living Proof yang dikenal mengeluarkan produk rambut favorit Jennifer Aniston. Produk itu dikembangkan oleh Olive Laboratories. Studi itu pun baru memasuki tahap pendahuluan sehingga belum bisa dipastikan kapan item tersebut bisa mendapatkan izin resmi dan benar-benar digunakan. Namun Pihak Olive Laboratories mengatakan jika keputusannya akan diketahui pada akhir tahun ini. (itn/itn)