Tips Pakai Lipstik Matte Agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-pecah

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 07 Mei 2016 15:28 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Riasan bibir matte masih menjadi tren makeup yang cukup banyak digandrungi wanita. Lipstik dengan hasil akhir matte pun kini bisa dibilang menjadi salah satu beauty item yang wajib dimiliki.

Namun tak dipungkiri, di balik pigmen warna yang intens dan terkesan glamor, lipstik matte juga punya kekurangan. Karena teksturnya yang kering, pewarna bibir matte baik itu dalam bentuk stik maupun cair, umumnya tidak banyak memiliki kandungan pelembap sehingga membuat bibir kering.

Belum lagi efek garis-garis bibir yang tampak jelas, juga tak jarang membuat bibir terlihat pecah-pecah. Ingin tampil maksimal dengan lipstik matte tapi tetap menjaga kesehatan dan kecantikan bibir? Beauty Vlogger Huda Kattan memberikan tipsnya.

Huda menyarankan agar bibir tidak pecah-pecah dan kering, adalah scrub bibir untuk mengelupaskan sel kulit mati dan kulit bibir yang pecah-pecah. Gunakan scrub khusus bibir dengan butiran lembut, atau Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan campuran minyak zaitun dan gula aren. Oleskan secara perlahan dan lembut pada bibir, seka dengan tisu basah lalu keringkan.

Selanjutnya adalah melembapkan bibir dengan lip balm. Seperti dikutip dari Self, Huda menyarankan, cukup tepuk-tepukkan lip balm pada bibir. Bisa menggunakan jari atau langsung diterapkan pada bibir jika lipbalm berbentuk stik. Hindari mengoleskan lip balm terlalu banyak karena bisa membuat lipstik tidak lagi bertekstur matte melainkan creamy atau bahkan menjadi glossy.

Huda juga menyarankan untuk mengoleskan lip primer terlebih dahulu. Lip primer akan membentuk lapisan antara kulit bibir dan lipstik sehingga tidak membuat bibir kering.

"Setelah lip balm dan primer, Anda bisa memulaskan lip liner dan lipstik," ujarnya.

Jika Anda memiliki bibir yang sangat kering dan bisa lebih parah ketika memakai lipstik matte, ada trik untuk mengakalinya. Anda bisa mengubah lipstik creamy menjadi efek matte dengan bantuan bedak tabur transparan.

"Untuk mencegah lipstik luntur dan agar lebih tahan lama, gunakan bedak tabur pada bibir agar lipstik tetap berada di tempatnya," saran Huda.

Caranya dengan menaburkan sedikit saja bedak bubuk pada tisue, kemudian ratakan. Setelah itu katupkan bibir yang sudah dioles lipstik pada tisue tersebut.
(hst/hst)