ADVERTISEMENT

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Merawat Rambut

Aulia Han - wolipop Jumat, 06 Nov 2015 10:21 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Memiliki rambut indah tentu jadi keinginan hampir setiap wanita. Namun tak sedikit yang masih belum paham bagaimana merawat rambut yang benar. Mulai dari keramas, menggunakan kondisioner sampai cara menyisir rambut. Perawatan yang tidak tepat dilakukan justru bisa berakibat rambut menjadi rusak. Ini lima kesalahan paling umum dalam merawat rambut, seperti dikutip dari Self.

1. Menyisir Rambut dari Akar
Menyisir rambut dari atas (akar) ke bawah dapat menyebabkan kerontokan rambut, karena sikat rambut dapat menarik rambut sehingga lebih mudah rontok. Mulailah menyisir rambut Anda dari bawah untuk merapikan ujung-ujung yang kusut, kemudian sisir bagian tengah rambut.

2. Memakai Kondisioner Sampai Akar dan Kulit Kepala
Adil Abergel, penata rambut dari Los Angeles mengatakan, di dekat akar rambut, terdapat anak rambut yang baru dengan kondisi sehat dan lembab, sehingga tidak perlu diberikan kondisioner untuk dilembabkan. Menggunakan kondisioner sampai ke akar juga dapat menyebabkan rambut lebih mudah rapuh dan menambah kerontokan.

3. Menggosok Rambut Terlalu Kencang Saat Keramas
Rambut lebih rapuh ketika basah, jika Anda menggosok-gosok kulit kepala dan rambut terlalu kencang saat membersihkan rambut, hentikan sekarang juga. Rambut bisa menjadi pecah-pecah, mudah rapuh dan rusak.
 
Disarankan penata rambut, Mark Townsend, tuangkan sampo di telapak tangan kemudian tepuk-tepuk pada bagian kulit kepala, lalu gunakan jari dengan gerakan pijat ringan untuk membersihkan kulit kepala pada bagian lain, kemudian bilas.

4. Menarik Ikat Rambut
Mengikat rambut saat bad hair merupakan jalan pintas untuk penampilan Anda terlihat tetap rapi. Akan tetapi, jika Anda menarik ikat rambut terlalu sering dapat mengakibatkan rambut patah. Menurut Mark, terlalu sering mengikat rambut juga dapat mengakibatkan rambut kusut.

5. Mencuci Rambut Terlalu Sering
Walaupun kulit kepala Anda sangat berminyak dan mudah berkeringat, jangan mencuci rambut terlalu sering karena justru mengakibatkan rambut lebih lepek dan lemah. Jika rambut lepek karena berminyak atau berkeringat, Anda bisa menggunakan dry shampoo. Menurut Garren penata rambut dari New York, jika Anda tidak bisa menggunakan dry shampoo, Anda bisa mencucinya dengan air, karena air dapat membersihkan keringat dan minyak di kepala serta membantu melembabkan rambut.

(hst/hst)