Bolehkah Pakai Dry Shampoo Setiap Hari?

Intan Kemala Sari - wolipop Rabu, 19 Agu 2015 18:10 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Seiring dengan berkembangnya inovasi di dunia kecantikan, banyak wanita yang menggunakan berbagai macam inovasi terbaru untuk untuk menata rambut mereka. Salah satunya adalah dry shampoo yang merupakan shampo kering berbentuk bubuk mirip seperti bedak tabur. Shampo kering tersebut diklaim menjadi senjata andalan para wanita untuk menata rambut mereka lebih mudah dan menghemat waktu tanpa harus pergi ke salon atau keramas.

Alasan lain maraknya penggunaan shampo ini adalah dari segi kepraktisannya. Dry shampoo mudah dibawa ke mana-mana dan bisa digunakan saat rambut mulai terasa lepek atau sulit diatur sehingga banyak wanita memilih untuk menggunakannya setiap hari. Sebenarnya, bolehkan hal tersebut dilakukan?

Dijelaskan oleh Dian Rizky Wardhani selaku perwakilan dari tim edukasi Kerastase Indonesia, dry shampoo sebenarnya hanya digunakan untuk membantu proses penataan rambut agar lebih tahan lama. Dry shampoo yang berbentuk bubuk itu biasanya digunakan untuk menahan keluarnya minyak pada kulit kepala untuk mencegah rambut terlalu cepat lepek.

Tetapi jika shampo tanpa bilas itu digunakan setiap hari, hal itu akan membuat ritual keramas menjadi tidak teratur dan timbul permasalahan pada rambut. "Dengan dry shampoo, kulit kepala jadi tertutup minyak dan debu. Akibatnya, sekresi pengeluaran minyak menjadi terhambat dan kulit kepala menjadi gatal-gatal serta timbul ketombe," ujar Dian saat berbincang dengan Wolipop pada acara Kerastase Resistance Therapiste di L'oreal Academy, DBS Tower, Jakarta Selatan, Rabu, (19/8/2015).

Menurut wanita yang akrab disapa Dian itu, dry shampoo sebenarnya boleh-boleh saja digunakan, asalkan masih dalam batas yang wajar dan tentunya tidak setiap hari. Penggunaan dry shampoo juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala.

"Penggunaan dry shampoo tergantung dari frekuensi penataan rambutnya ya. Sesering apa dia styling rambutnya, kalau dia ada acara dalam dua hari berturut-turut dan tidak sempat keramas, pakai dry shampoo tidak masalah. Tapi kalau pakai dry shampoo setiap hari dan keramasnya hanya dua kali dalam seminggu, itu yang tidak disarankan," lanjutnya.

Wanita yang sudah tiga tahun menjadi konsultan rambut di Kerastase Indonesia itu menekankan, penggunaan dry shampoo hanya untuk mempermudah penataan rambut dan membuatnya tahan lama. Bukan sebagai pengganti shampo yang memang harus rutin digunakan saat keramas.

(itn/eny)