Sensasi 'Wajah Sutra' dengan Facial Silky Lifting di Seoul Medical Clinic

Ferdy Thaeras - wolipop Jumat, 07 Nov 2014 10:40 WIB
Dok. Wolipop
Jakarta -

Setiap orang, baik pria maupun wanita ingin mendapatkan kulit wajah yang segar berseri, halus tanpa noda namun tetap merona sehat. Semua hal itu bisa didapatkan dengan perawatan yang teratur sekaligus memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. Perawatan yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah facial. Selain mudah, ia juga bisa dilakukan sebulan sekali atau tak terlalu sering. Sayangnya, banyak tempat perawatan kecantikan tidak begitu paham bahwa proses ini tidak harus meninggalkan bekas luka maupun bengkak yang jelas di wajah.

Saat ini proses facial telah mengalami banyak kemajuan, tak hanya mengeluarkan lemak membandel yang kemudian tersimpan menjadi komedo atau jerawat kecil, ia juga bisa mencegah datangnya jerawat besar atau flek akibat proses pembersihan wajah sehari-hari yang kurang bersih dan benar. Semua itu dilakukan tanpa meninggalkan bekas luka akibat pencungkilan komedo menggunakan jarum oleh praktisi kecantikan. Jika dulu setelah facial kulit wajah akan bengkak-bengkak dan menonjol, ini hal tersebut sudah tak ada lagi jika dilakukan di tempat yang tepat dengan staf kecantikan yang terlatih.

Belakangan ini, dunia hiburan sedang ramai dengan facial plus. Plus di sini maksudnya ia juga disertai manfaat lain yang berguna untuk mempercantik wajah, mulai dari mengencangkan, menghaluskan, membersihkan secara paripurna hingga kadang memutihkan dan meremajakan kulit. Bisakah semua hal tersebut didapatkan dalam satu waktu perawatan? Mengapa tidak? Wolipop pun mencari tahu dan mendapat rekomendasi tempat kecantikan yang juga klinik kecantikan andalan warga Korea yang berdomisili di Jakarta.

Beberapa make-up artist profesional seperti Aldo Akira pun merujuk ke Seoul Medical Center (SMC) dan spesifik menyebut nama ahli, yakni Dr. Siti Nurul Wasik. Dirinya selain menggeluti bidang kecantikan dan menjadi pilihan sejumlah selebriti ibukota untuk merawat kecantikan, juga menguasai ilmu akupuntur yang sifatnya lebih kepada kecantikan tubuh. Selain membuka praktek di kediamannya sendiri di bilangan Lebak Bulus, ia juga membuka praktek di SMC untuk memudahkan orang yang ingin mendapatkan perawatan. SMC sendiri bertempat di Jl. Kapten Tendean No.7, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Klien selebritinya juga cukup banyak mulai dari Cut Memey, Naysilla Mirdad, Dude Herlino, Arzetti Bilbina hingga Ivan Gunawan.

Saat pertamakali mengunjungi tempat yang terletak di lantai dua, Wolipop mendaftar terlebih dahulu di meja resepsionis dan langsung bertemu dengan dr. Nurul, panggilan akrabnya. Saat itu, Wolipop datang di hari kerja dan pengunjung yang datang terbilang nyaman karena tidak harus mengantre. Hampir seluruh pengunjung klinik yang dekornya didominasi warna hijau tersebut pun adalah orang Korea, baik yang ingin berobat umum atau spesifik mendapatkan perawatan kecantikan khas Korea. Jangan bayangkan klinik kecantikan yang fancy karena tempat ini adalah klinik kesehatan.

Setelah berkonsultasi dengan dr. Nurul, Wolipop pun mencoba Lifting Silky Facial yang banyak dilakukan untuk menghaluskan wajah yang kasar, kusam dan lelah. Setiap orang yang berkonsultasi akan berbeda-beda terap yang diberikan, namun pada umumnya, facial inilah yang diberikan sebelum melakukan perawatan sendiri di rumah yang obat-obatannya harus dibeli sendiri di klinik sesuai masalah kulit yang dialami. Anda harus setidaknya meluangkan waktu kurang lebih tiga jam mulai dari proses konsultasi hingga proses facial selesai, karena perawatan ini terbilang menyeluruh di area wajah dengan segala keunikannya.

Pertama-tama, pasien akan diminta berbaring di ruang terapi yang sudah disediakan selimut jika udara terasa dingin, mengingat proses ini memakan waktu yang tidak sebentar. Wajah terlebih dahulu dibersihkan dengan sabun khusus yang beraroma lembut yang tidak meninggalkan kesan lengket pasca dibersihkan namun memberikan sensasi lembut seperi kulit bayi. Ini baru proses pembersihan awal yang kemudian dibersihkan kembali dengan krim pembersih sekaligus toner untuk menyeimbangkan kembali ph kulit yang mengalami proses pembersihan.

Perawatan tahap kedua pun dilakukan dengan melakukan proses facial pada umumnya, yakni facial manual dimana staf kecantikan akan mengarahkan lampu berbentuk lingkaran pada wajah untuk mulai mengangkat komedo hingga lemak yang menumpuk di bawah lapisan kulit sebagai jerawat kecil. Tidak menggunakan jarum sama sekali, facial di sini hanya menggunakan besi kecil berlengkung dan hanya menekan jerawat yang sekiranya bisa dikeluarkan dan tidak dipaksakan. Selebihnya, lemak-lemak berlebih diangkat dengan mudah akibat lapisan kulit mati yang menumpuk.

Setelah facial selesai, akan diperlihatkan berapa banyak lemak yang diangkat dari proses sebelumnya. Lemak-lemak ini merupakan akumulasi pola makan dan gaya hidup pasien masing-masing. Mulai dari yang hobi makan berlemak, cokelat hingga jarang melakukan pembersihan secara merata, seperti facial, scrub atau toning.

Wajah kemudian memasuki proses aliran gelombang elektromagnetik lewat sebuah alat yang bentuknya serupa kikir besar (kape) berukuran pipih dari materi besi. Saat dihidupkan alat tersebut memiliki vibrasi tingkat rendah dan bisa dirasakan kulit seakan diberikan tenaga. Bagi yang kurang nyaman, alat ini mengeluarkan dengungan yang bagi beberapa orang bisa merasa terganggu, sehingga bisa menutupi kuping sendiri dengan earphone. Alat ini digerakkan di atas wajah dengan bantuan air dengan gerakan mengangkat dari bawah ke atas (lifting).

Getaran yang dihasilkan alat tersebut tidak hanya berguna untuk melancarkan peredaran darah wajah yang kurang lancar namun juga memperbaiki syaraf yang kaku akibat stres harian yang dialami. Hal ini langsung terasa selama beberapa menit gerakan sirkulasi diterapkan pada wajah. Gerakannya pun beragam mulai dari dari dagu ke pipi, pipi ke dahi atau pipi langgung ke cuping hidung atau tulang pipi ke area hidung. Setelah proses vibrasi selesai, wajah terasa terangkat dan mengencang berkat pijatan elektromagnetik.

Memasuki proses berikutnya, wajah yang sensitif akibat terasa sakit ditekan dengan besi akan ditenangkan dengan masker aroma apple mint. Masker ini memiliki kandungan khusus khas salon Korea yang juga meremajakan wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan nutrisi baru. Menunggu masker mengering, pasien disarankan untuk tidur sejenak agar manfaatnya meresap dengan baik. Tak terasa dua jam sudah berlalu dan kemudian masker yang sudah mengering diangkat bagaikan adonan kue yang mengering. Agar lebih bersih, setelah diangkat, sisa masker kembali dibersihkan dengan lap air hangat. Wajah terasa begitu bernapas dan halus selembut sutra.

Tak berhenti di situ, memasuki proses perawatan terakhir adalah penerapan serum vitamin C pada wajah yang berbentuk cairan dingin warna oranye kekuningan. Wajah perlahan dipijat menggunakan serum dengan gerakan dari atas ke bawah. Area sensitif seperti bawah mata dan sekitar bibir dilewatkan agar tak terjadi iritasi atau tersentuh lidah. Menunggu serum meresap dengan cepat, tak terasa sudah hampir tiga jam Wolipop berbaring di tempat tidur perawatan. Saat disentuh, wajah terasa sangat halus bagaikan kain sutra sekaligus lembut bak kulit bayi.

(fer/fer)