Pria Usia 30-an Paling Banyak Habiskan Uang untuk Beli Produk Kecantikan

- wolipop Kamis, 12 Des 2013 11:15 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Pria kini tidak canggung lagi memakai produk perawatan kulit dan berias diri. Beberapa di antara mereka juga sudah nyaman pergi ke salon atau spa untuk memanjakan diri. Menurut studi terbaru, pria berusia 30-an paling banyak memakai produk kecantikan dibandingkan kelompok usia yang lainnya.

Pria usia 30 ke atas tiga kali lebih memilih membeli produk anti penuaan dan perawatan di spa/salon ketimbang pergi ke gym. Pria metroseksual di kelompok usia ini menghabiskan uang lebih banyak di produk kecantikan. Jumlahnya lebih banyak dari gabungan pria usia 20 dan 50-am.

Selebriti pria seperti Ryan Gosling, David Beckham dan Brad Pitt diduga jadi pemicu kecenderungan ini. Sosok pria populer yang terlihat selalu terawat, menjadikan pria merasa ada tuntutan untuk lebih peduli penampilan.

Dari seribu pria yang disurvei Debenhams, pria usia 30-an rata-rata mengakui kalau mereka bisa menghabiskan uang lebih dari 100 poundsterling atau sekitar Rp 2 jutaan per bulan untuk membeli krim mata, pelembab dari brand high-end dan kunjungan ke spa. Jumlah uang yang dikeluarkan tersebut tiga kali lebih banyak daripada biaya keanggotaan klub fitnes kelas standar.

Sementara itu, pria di usia 20-19 tahun rata-rata hanya menghabiskan biaya Rp 680 ribu untuk beli produk perawatan tubuh. Pria usia 40-an mengeluarkan biaya Rp 1,3 juta, sementara usia di atas 50-an per bulannya menghabiskan Rp 800 ribuan.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pria di usia 30-an bersedia membayar hingga Rp 900 ribuan hanya untuk satu produk pelembab dan Rp 700 ribuan untuk krim mata. Pria pun mengaku tertarik membeli produk perawatan jika bintang iklan atau brand ambassadornya adalah selebriti seperti David Beckham. Mantan pesepakbola berusia 38 tahun ini punya pengaruh paling tinggi di antara selebriti pria lainnya.

"Survei kami menunjukkan selalu ada peningkatan penjualan produk perawatan pria setiap tahun. Saat remaja, perawatan mungkin hanya membutuhkan air dan sabun. Dan di usia 20-an Anda mulai membeli alat cukur. Tapi itu semua bisa berubah begitu menginjak usia 30. Pria lebih mementingkan produk yang bisa memelihara kesehatan kulit dan mencegah kerusakan. Uang pun tidak jadi masalah," ujar juru bicara Debenhams, seperti dikutip dari Daily Mail.



(hst/hst)