Ubah Warna Mata Kini Bisa Secara Permanen

- wolipop Minggu, 17 Nov 2013 09:46 WIB
dok. corbis
Jakarta - Tak sedikit wanita yang mengubah warna mata mereka dengan cara menggunakan lensa kontak berwarna. Tapi kini, ditemukan cara untuk ubah warna mata secara permanen.

Seperti dikutip dari Daily Mail, seorang ahli bedah asal Amerika Serikat, Dr Kenneth Rosenthal dari Island Eye Surgicentre in Long Island, New York, merupakan pelopor teknik mengubah warna mata itu. Prosedur tersebut disebut dengan implan iris buatan.

Rosenthal menggunakan implan silikon khusus untuk medis berukuran tipis. Prosedur pemasangan implan ini memakan waktu hanya 15 menit per mata.

Dalam kondisi bius lokal, kornea mata pasien disayat sepanjang 2,8 milimeter. Setelah itu, lipatan implan dimasukkan ke dalam kornea. Ketika sudah berada di dalam mata, implan akan kembali ke bentuk semula dan posisinya dapat disesuaikan.

Produsen implan, BrightOcular mengatakan bahwa prosedur ini tidak memengaruhi penglihatan seseorang. Mereka yang biasa mengenakan kacamata masih tetap membutuhkan alat bantu penglihatan itu usai prosedur implan ini.

Implan iris buatan itu dianggap aman. Meskipun demikian, beberapa pasien mengaku mengalami infeksi mata, lebih peka terhadap cahaya, peradangan, dan komplikasi lain.

Menanggapi masalah tersebut, pihak BrightOcular mengatakan, implan dapat diangkat dengan mudah seandainya terjadi masalah kesehatan. BrightOcular juga menjelaskan, dibutuhkan antara satu dan dua bulan bagi pasien untuk sepenuhnya pulih dari operasi. Namun mereka biasanya langsung diperbolehkan pulang di hari yang sama saat prosedur dilakukan.

(rma/rma)