4 Kandungan Wajib dalam Krim untuk Atasi Kerutan Wajah

- wolipop Senin, 19 Mar 2012 14:43 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Ketika memasuki usia 30-an, wanita membutuhkan perawatan yang lebih mendalam. Tidak hanya menggunakan krim dengan kandungan sederhana atau sunblock saja, namun wajah memerlukan bahan aktif yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan mengurangi kerutan.

Saat ditemui dalam acara Vaseline beberapa waktu lalu, Dr. Shannaz Nadia Yusharyahya memberikan tips bahan aktif apa saja yang wajib ada dalam krim perawatan wajah.

1. Retinol
Retinol merupakan turunan dari vitamin A. Fungsi retinol adalah meningkatkan kolagen dan mempercepat regenerasi sel. Di usia 30-an regenerasi kulit melambat, menjadi 30 hari lebih (normalnya 28 hari). Jika tidak diregenerasi, kulit mati akan menumpuk, efeknya membuat kulit kusam dan kering.

2. Alpha Hidroxy Acid (AHA)
AHA berasal dari asam buah-buahan, bisa dari tebu, susu, apel dan citrus. Fungsinya untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan kolagen kulit. Mengapa kolagen penting? Kolagen dapat merupakan protein penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur.

3. Vitamin B3
Satu lagi vitamin yang penting untuk kulit, yaitu vitamin B3. Mendukung fungsi sawar kulit ( Sawar kulit berfungsi ganda yaitu mencegah keluar atau masuknya zat yang berada di luar ke dalam tubuh atau dari dalam ke luar tubuh), meningkatkan produksi hidrasi kulit, agar tetap lembab dan mengurangi pigmentasi. Pada usia 30-an, kulit tidak hanya berkerut, tapi juga timbul beberapa noda coklat pada kulit yang disebut pigmentasi.

4. Antioksidan
Kandungan lain yang tidak kalah penting dari kandungan di atas adalah Antioksidan, apalagi wanita yang tidak di kota besar yang banyak radikal bebas. Radikal bebas berasal dari polusi, asap rokok, AC dan makanan yang tidak sehat. Antioksidan dapat mengikat radikal bebas, mencegah kerutan, mengurangi pigmentasi dan memperbaiki warna kulit yang tidak rata.



(kik/kik)