ADVERTISEMENT

Cara Keramas Yang Merusak Rambut

- wolipop Sabtu, 05 Jun 2010 12:01 WIB
Jakarta - Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat berkeramas. Niat membuat rambut menjadi lebih indah, justru bisa merusaknya.

Sebagian orang mencuci rambutnya setiap hari, ada juga yang mencucinya dua hari sekali. Sebagian lainnya berkeramas dua kali dalam seminggu. Semua itu tidak masalah, selama Anda tidak melakukan hal-hal dibawah ini.

Meluruskan Rambut dengan Jari
Satu kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat berkeramas adalah meluruskan rambutnya yang kusut dengan jari ketika rambut basah. Hati-hati, karena hal ini bisa membuat rambut Anda rusak. Terlalu sering meluruskan rambut dalam keadaan basah dapat membuat rambut yang sehat menjadi rontok.

Untuk mengantisipasi kerontokan rambut, maka janganlah meluruskan rambut yang kusut dengan jari-jari indah Anda. Luruskan rambut saat keadaannya kering, baik sebelum atau sesudah keramas.

Meletakkan Shampo Langsung Ke Rambut
Banyak orang yang langsung menuangkan shampo ke rambut saat keramas, sebagian lainnya menuangkan shampo ke telapak tangannya kemudian langsung menumpahkannya ke rambut. Setelah itu, barulah mereka menggosok shampo tersebut untuk membuat busa dari cairan shampo. Hal umum ini ternyata bisa membuat rambut Anda rusak, apalagi jika Anda menggosoknya terlalu keras.

Kebiasaan ini sebaiknya diubah secepatnya. Cara yang baik untuk berkeramas adalah dengan menuangkan shampo ke telapak tangan, kemudian mengosoknya hingga timbul busa. Setelah busa-busa shampo muncul, barulah menggosok rambut Anda dengan satu gerakan menyapu dari depan ke belakang. Hal ini juga baik untuk membuat shampo lebih merata.

Suhu Air
Seperti yang telah Anda baca sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa rambut sangat rentan menjadi rusak saat ia dalam keadaan basah. Oleh karena itu, hindari menarik atau memijit kulit kepala terlalu keras.

Suhu air dapat mempengaruhi keindahan rambut. Air hangat dapat membuat kutikula kepala terbuka sehingga memungkinkan shampo masuk ke dalam dan membersihkannya. Sebaliknya, air dingin justru membuat kutikula kepala menutup sehingga kotoran di dalamnya terlewatkan shampo.

Untuk hasil yang maksimal, saat berkeramas gunakanlah air hangat. Namun sebelumnya, basahkan kepala dengan air dingin. Hal ini dapat membuat rambut Anda bersinar dengan alami.

(af1/fer)