Tanda-tanda Produktivitas Kerja Menurun

- wolipop Rabu, 12 Mei 2010 12:30 WIB
Jakarta - Produktivitas kerja tak selalu stabil. Ada kalanya kinerja kerja menurun tanpa kita sadari. Penurunan produktivitas kerja akan menjadi fatal jika tak segera diatasi.

Masalahnya, terkadang kita tak sadar bahwa kinerja kerja terus menurun. Untuk itu tak ada salahnya untuk mengetahui tanda-tandanya dan melakukan perubahan.

1. Semua jadwal kerja mundur dari waktu yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda tak mampu lagi menepati deadline yang ada.

2. Banyak e-mail dari klien yang memprotes pekerjaan Anda. Ini bisa berarti hasil pekerjaan Anda tak lagi maksimal, sehingga menimbulkan ketidakpuasan dari klien.

3. Tak ada jadwal meeting untuk dua bulan ke depan. Kemungkinan atasan menganggap Anda tak lagi memiliki ide-ide segar untuk disampaikan saat rapat.

4. Tak ada lagi proyek-proyek penting yang Anda pegang. Hanya beberapa proyek dengan profit tak seberapa krusial yang kini menjadi agenda baru. Hal ini menunjukkan atasan tak lagi mempercayai kemampuan Anda memegang tanggung jawab yang besar.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, tak ada salahnya untuk melakukan introspeksi diri. Tenggelam dalam keterpurukan bukanlah jalan keluar yang bijak.

Cobalah untuk berkonsultasi pada senior atau atasan mengenai keadaan Anda. Siapa tahu mereka bisa memberikan solusi-solusi yang bermanfaat.

Rasa penat dan stress akibat pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya produktivitas Anda. Cobalah untuk meminta cuti agar pikiran Anda kembali segar.

(kee/fer)