Liputan Khusus Thalassemia

Kisah Lengkap Pasangan Viral Tak Jadi Menikah karena Idap Penyakit Sama

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 24 Okt 2021 19:30 WIB
Foto Szasza dan Reynatha. Foto: Dok. pribadi Szasza Gusmantara. Foto Szasza dan Reynatha. Foto: Dok. pribadi Szasza Gusmantara.

Szasza menjelaskan alasannya mengunggah kisahnya di TikTok, karena banyak teman dekatnya yang belum mengetahui informasi tentang penyakit thalassemia.

"Thats why akhirnya aku memanfaatkan platform TikTok untuk menyebarkan awareness tentang thalassemia karena aku nggak mau sampai ada yang merasa kejadian kayak aku lagi, because it's hurt so bad," tuturnya.

Dan ternyata sesuai ekspektasi, videonya masuk for your page (FYP) di TikTok dan banyak banget pengidap thalassemia yang muncul di kolom komentar dan membantu menjelaskan mengenai kelainan darah ini.

"Which is membantu banget untuk membuat masyarakat mengerti tentang thalassemia dan setahu aku angka pengidap thalassemia mayor maupun minor tiap tahun selalu nambah," jelasnya.

Foto Szasza Gusmantara dan Reynatha Gunawan.Foto Szasza Gusmantara dan Reynatha Gunawan. Foto: Dok. pribadi Szasza Gusmantara.

Ia ingin memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya kelainan darah tersebut. Bisa aja tanpa sadar mereka sebenarnya carrier tapi karena tidak pernah check darah mereka jadi tidak tahu apa-apa.

"Karena papaku sendiri nikah dua kali (yang pertama sudah almarhum), istrinya semua ternyata pengidap thalasemia carrier. Itu kan menandakan bahwa yang thalassemia sebenernya banyak cuma pada nggak sadar dan nggak tahu kalau ada yang namanya thalassemia. Mama kandung dan my step mom aja sadar setelah sudah married sama papa," kenangnya.

"Ini bukan hal yang sepele untuk dibiarkan. Ada beberapa orang yang sebut kalau aku drama atau nyari panggung doang. Masalahnya sekarang aku merelakan 3,4 juta orang tahu kalau aku putus dan sebenernya itu memberatkan aku sama pasangan aku," lanjutnya.

Di akhir wawancara ia memberikan pesan bagi kamu yang mengalami permasalahan yang sama. Menurtnya sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melanjutkan hubungan.

"Kalau memang kalian paham dan sadar bahwa risiko yang akan dihadapi di masa depan tidak sebanding dengan "cinta" yang kamu rasakan sekarang. (Realistis)," sebutnya.

"Yang kedua medical checkup dari sekarang itu penting. Karena kita nggak bisa liat apa yang terjadi sama tubuh kita sendiri secara medis. Lebih baik tahu sejak dini daripada menyesal di kemudian hari," pungkasnya.

Saksikan juga: Teror di Basemen MOI Kelapa Gading

[Gambas:Video 20detik]



Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)