Curhat Nur Sajat, Transgender Cantik Jadi Buronan karena Pose di Depan Kabah

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 19 Okt 2021 20:25 WIB
Nur Sajat. Foto: Dok. TikTok Nur Sajat. Foto: Dok. TikTok
Jakarta -

Transgender Malaysia Nur Sajat akhirnya bicara terkait statusnya sebagai buronan kasus penistaan agama. Sajat mengaku kini dirinya sudah aman dan siap memulai hidup baru.

Nur Sajat curhat mengenai kehidupannya terkini dalam siaran langsung di akun TikToknya baru-baru ini. Sajat mengatakan dirinya sudah tidak mau kembali ke negaranya Malaysia dan menyebut telah 'cerai talak' dengan tanah airnya tersebut.

"Aku hanya ingin bebas menjadi diriku sendiri, memiliki hak asasi seorang manusia. Hak asasi manusia di sini sangatlah penting. Mereka (Autralia-red) sangat menghargai hak asasi manusia. Aku tidak ingin apapun. Aku hanya ingin hak asasi manusia. Jadi tolong hargai aku sebagai seorang manusia," kata Nur Sajat yang saat siaran langsung di TikTok mengenakan atasan berwarna hijau terang.

Nur Sajat sebelumnya menjadi buronan karena kabur ke Thailand dari Malaysia. Dia jadi kontroversi setelah membagikan momen umrah di media sosial. Pada momen tersebut, transgender dengan nama asli Muhammad Sajad Kamaruzaman menggunakan mukena saat umrah di Mekkah. Hal tersebut berujung dengan penangkapan karena dinilai menghina agama.

Nur SajatNur Sajat Foto: Dok. TikTok


Surat perintah penangkapan dikeluarkan untuknya setelah dia tidak menghadiri sidang di Pengadilan Tinggi Syariah pada Februari lalu atas tuduhan menghina Islam dengan berpakaian sebagai seorang wanita.

Saat ditangkap pihak otoritas Thailand itu Nur Sajat meminta bantuan internasional. Hingga permintaannya ditanggapi pemerintah Australia dan dia mendapat suaka tinggal di negara tersebut.

Direktur Human Rights Watc untuk Asia, Phil Robertson, seperti dikutip dari mStar mengonfirmasi suaka yang diberikan pemerintah Australia untuk Nur Sajat. "Dia sekarang aman, tapi itu kembali kepada dia untuk mengungkap di mana keberadaannya," kata Phil.

Nur Sajat dalam siaran langsung di TikTok pun menyampaikan dirinya kini sudah berada di Australia dan sedang menjalani karantina sesuai aturan terkait pencegahan COVID-19. Dia akan tinggal di kawasan Caterbury, yang berjarak 12 km dari Sydney, New South Wales, Australia.

Nur Sajat bantah melarikan diri. Alasannya mencari suaka ke Australia adalah....KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Klaim Batik Milik Negaranya, Miss World Malaysia Dihujat Netizen RI"
[Gambas:Video 20detik]