Wanita Auto Nyesek Buka Hadiah dari Pasangan, Awalnya Kira Uang Rp 2,8 M

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 27 Mar 2021 17:30 WIB
Uang Kertas Yen jepang. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Ilustrasi Uang . Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Seorang wanita asal China diketahui bermarga Zhang kaget setelah melihat isi hadiah dari pasangannya. Awalnya sang wanita mengira pasangannya itu akan memberikannya uang sekitar Rp 2,8 miliar sebagai hadiah pernikahan. Namun ternyata perkiraannya itu salah dan dia justru kehilangan uangnya.

Seperti dikutip dari eva.vn, wanita yang bermarga Zhang itu telah mengenal pasangannya yang diketahui bermarga Yang selama beberapa bulan. Yang merupakan seorang pria 53 tahun itu lahir di Lien Cu tetapi tengah tinggal di Lam Hai, kota Thai Chau.

Ketika berpacaran keduanya merasa sangat cocok, sehingga ketika Yang melamar Zhang, wanita tersebut pun menerimanya tanpa berpikir panjang. Zhang sendiri mengatakan bahwa Yang adalah pria yang romantis. Singkat cerita keduanya pun segera memilih tanggal 14 Maret untuk hari pertunangan mereka. Tanggal yang merupakan perayaan White Valentine's Day itu dipercaya memiliki arti hidup bersama selamanya.

Koper berisi pecahan uang 100 yuan palsuKoper berisi pecahan uang 100 yuan palsu Foto: eva.vn

Selain itu untuk memperlihatkan rasa cintanya, Yang juga mengatakan bahwa dirinya akan memberikan uang sebesar 1.314.520 yuan atau sekitar Rp 2,8 miliar sebagai hadiah pernikahan. Angka 131452 sendiri di China berarti 'aku mencintaimu sepanjang hidupku'. Sebagai gantinya, Zhang mengatakan bahwa Yang tak perlu memberikannya hadiah balasan yang terlalu mahal, cukup 131.452 yuan saja atau sekitar Rp 289 juta.

Koper berisi pecahan uang 100 yuan palsuKoper berisi pecahan uang 100 yuan palsu Foto: eva.vn

Sehari sebelum acara pertunangan, tepatnya tanggal 13 Maret, Zhang pergi ke rumah Yang untuk bersama-sama mempersiapkan acara mereka. Zhang melihat sendiri bahwa Yang telah memasukkan uang tunai dalam bentuk pecahan 100 yuan itu ke dalam koper besar berwarna merah muda dan kemudian digembok. Koper berisi uang itu baru akan dikirimkan ke rumah Zhang keesokan harinya.

Keesokan harinya, tepatnya tanggal 14 Maret, Yang kemudian meletakkan koper merah mudanya itu di laci Zhang. Untuk membalasnya, Zhang kemudian memberikan koper kecil kepada Zhang yang berisi uang sekitar Rp 289 juta. Setelah acara pertunangan selesai dan keduanya telah berada di rumah masing-masing, barulah koper tersebut dibuka.

Betapa kagetnya Zhang ketika mendapatkan bahwa isi koper dari tunangannya itu bukan merupakan uang asli. Itu adalah uang pecahan 100 yuan yang biasa digunakan oleh para karyawan bank untuk melatih kemampuan menghitung mereka. Sedangkan yang diberikan oleh Zhang kepada Yang adalah uang asli yang memang baru saja ditariknya dari bank.

Merasa kecewa Zhang pun melaporkan tindakan Yang ke pihak kepolisian. Zhang menuduh Yang telah melakukan penipuan terhadap dirinya. Pada 16 Maret Yang pun ditangkap dan mengakui kesalahannya. Setelahnya polisi kemudian menggeledah apartemen Yang di wilayah Lin Hai dan menemukan koper berisi uang pemberian Zhang. Koper berisi uang tersebut pun akhirnya dikembalikan kepada Zhang.

(vio/vio)