Viral Bikin Sedih, Wanita Edit Foto Ayah yang Meninggal Jadi Seperti Hidup

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 09 Mar 2021 06:00 WIB
Dita yang mengenang sang ayah lewat aplikasi edit foto. Nostalgia Dita memakai aplikasi MyHeritage. Foto: Dok. pribadi Dita.
Surabaya -

Kehilangan seseorang yang kita cintai merupakan hal yang paling menyakitkan. Salah satu cara untuk mengenangnya adalah dengan memandang video dan foto saat bersamanya. Namun baru-baru ini, tren edit foto menggunakan sebuah aplikasi bernama MyHeritage jadi viral karena bisa membuat foto jadi bergerak seperti nyata. Mereka yang sudah kehilangan orang tercinta untuk selamanya pun banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk membangkitkan lagi kenangan indah bersama orang tercinta meski sudah tiada.

Salah satu pengguna aplikasi MyHeritage tersebut adalah Ni Made Ardita Arya Putri. Lewat akun TikToknya @dyyytaaaa, ia menggunakan foto sang ayah yang belum pernah ia temui dan dieditnya dengan MyHeritage sehingga seolah hidup.

"1996 papa meninggal, pas aku masih bayi 9 bulan. Mama langsung nangis dikirim video ini," tulisnya di TikTok.

Dita yang mengenang sang ayah lewat aplikasi edit foto.Dita yang mengenang sang ayah lewat aplikasi edit foto. Foto: Dok. pribadi Dita.

Hingga Senin (8/3/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 3,8 juta Views, mendapat 385 ribu Likes dan 5.927 komentar. Warganet langsung ikut merasakan kesedihan Dita.

"Kita ga kenal tapi sedihnya berasa sampe sinii," ujar akun @fanny.

"Kok gua yang sedih," tutur akun @𝑭𝒊𝒌𝒂 𝑳𝒆𝒔𝒕𝒂𝒓𝒊.

"Trend ini mengingatkan untuk kita tetep bersyukur org tua dan pasangan yg masih ada.. jgn siakan waktu buat mereka," pesan akun @jingga menthan.

"Gue mau nyoba tapi takut malah tambah sedih alfatiha aja untuk ibu aku aamiin," timpal akun @Dwie Doang.

Konfirmasi Wolipop

Dita yang mengenang sang ayah lewat aplikasi edit foto.Dita yang mengenang sang ayah lewat aplikasi edit foto. Foto: Dok. pribadi Dita.

Wolipop menghubungi Ni Made Ardita Arya Putri (Dita) yang mengunggah video tersebut. Ia merasa terkejut ketika mengetahui videonya viral.

"Kaget, beberapa menit setelahnya buka TikTok udah 10 ribu Views. Awalnya terus nambah terus banyak yang komen terharu," kata Dita, Senin (8/3/2021).

Ia mengaku menggunakan aplikasi MyHeritage, karena sebelumnya melihat video pengguna TikTok lainnya yang sudah mencoba aplikasi tersebut. Dia ingin mengetahui ekspresi wajah ayahnya yang meninggal dunia di saat usianya sembilan bulan. Dia tidak pernah ingat bagaimana ekspresi wajah sang ayah.

"Akhirnya ikutan pengen tahu ekspresi wajah almarhum papa. Caranya gampang kok tinggal upload aja terus pilih animasi yang kamu mau karena ada sekitar 10 animasi, pas jadi videonya bisa senyum sama kedip-kedip aduhh meleleh," kata wanita yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur itu.

(gaf/eny)