5 Tips Bicarakan Utang Pasangan Tanpa Menyinggung Perasaannya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 25 Des 2020 21:30 WIB
Loving young husband hold crying wife hand showing empathy and support, millennial couple sit on couch at home reconcile after fight, caring man making peace with beloved woman. Relationships concept Foto: iStock
Jakarta -

Satu masalah besar yang sering mengganggu rumah tangga adalah utang. Apalagi jika utang tersebut adalah pinjaman salah satu pihak dan mengganggu finansial keluarga. Agar tidak semakin membuat krisis dalam rumah tangga, problema itu harus segera dibicarakan dan dicari solusinya. Jika kamu ingin mulai mendiskusikan tapi tidak takut menyinggung hati dia, intip lima tips bicarakan utang tanpa menyinggung atau menyalahkan pasangan.

1. Bicara Mengenai Hubungan Bukan Uang
Uang adalah sebuah topik yang sensitif bagi banyak orang. Perbincangan tersebut bisa saja membuat pasangan tersinggung bahkan marah. Utang kadang memang tidak bisa disalahkan karena setiap orang punya latar belakang yang berbeda. Bicara uang pun bisa seperti mengungkit masa lalu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, fokuskanlah diskusi pada hubungan bukan uang. Hindari membuat asumsi atau menyalahkan pasangan karena utang yang terpaksa diambil karena terdesak, misalnya untuk pendidikan, kesehatan, atau membantu orangtua.

2. Fokus Pada Kepentingan Bersama
Topik yang sensitif bisa menjadi sesuatu yang memotivasi jika diutarakan dengan tepat. Tidak ada orang yang ingin diceramahi mengenai utang apalagi jika hal itu memang sudah lama membebaninya. Karena itu, diskusikan dengan tujuan kepentingan bersama. Bicarakan bahwa kamu tidak ingin tujuan masa depan keluarga terganggu karena utang tersebut dan ingin segera mencari solusinya. Tawarkan pula bantuan jika memang kamu bisa dan bersedia.

3. Ikut Mengaku Bersalah
Beberapa rumah tangga terlibat utang memang karena kesalahan kedua belah pihak. Jika kamu merasa ikut punya andil, tak ada salahnya untuk mengaku bersalah lalu berusaha mencari jalan keluar. Misalnya jika kamu merasa boros dalam berbelanja, bulan depan mulailah kurangi pembelian kurang dibutuhkan, misalnya makan di restoran atau langganan tv berbayar. Dengan begitu, pasangan akan merasa bahwa kamu membantu mengurangi bebannya.

4. Bersikap Pengertian
Utang bukanlah hal yang menyenangkan untuk dibicarakan. Untuk menyikapinya terkadang dibutuhkan pengertian. Jika pasangan merasa tidak mampu menyelesaikannya dalam waktu dekat karena situasi cobalah untuk mengerti dan bersabar. Dilansir Your Tango, sebaiknya kamu tidak membuatnya merasa takut atau bersalah tapi membantu cari jalan keluar.

5. Segera Buat Rencana
Berdiskusi adalah satu cara untuk memuluskan pelunasan utang. Solusinya adalah segera dibayar agar bunga tidak membengkak dan tujuan finansial lain berjalan lancar. Setelah dibicarakan, coba susun rencana bersama dengan kepala dingin. Jika sudah menemukan cara-cara terbaik coba untuk konsisten sampai semuanya terlunasi.

(ami/ami)